Tomcat alias Tomket: Serangga Cantik Mematikan

Pada ramadhan lalu tiba-tiba apartment dipenuhi oleh tomcat a.k.a tomket. Serangga kecil (baca:bajingan tengik) yang bikin repot saya berbulan-bulan.

tomcat tomket
tomcat

Serangga tomcat ini memiliki bentuk dan warna yang sangat cantik, tapi sayang sangat mematikan (maaf istilah yang saya pakai terlalu lebay). Saya kira tomcat ini mirip-mirip dengan aktris JAV yang terkena HIV, cantik namun mematikan. haha.

Sialnya saya harus ngerasain sakitnya gigitan tomcat di mata kanan saya. Ciri ciri digigit tomcat di mata adalah pada hari pertama akan bengkak disertai sakit. Lalu pada hari kedua bengkak akan semakin membesar disertai munculnya bintil-bintil berisi air dalam jumlah yang cukup banyak serta akan terasa sangat perih jika terkena air dan juga disertai demam.

Hari ketiga dan ke empat bengkak dan bintil-bintil air masih akan terus ada dan rasanya sangat menyakitkan. Lalu pada hari ke lima kulit bekas gigitan tomcat di wajah akan menghitam seperti terbakar dan mengering. Pada hari ke lima juga kulit akan mengelupas seperti kulit ular yang terkelupas. Saran saya jika belum benar-benar kering jangan dikelupas dulu, nanti akan perih sekali jika kena air.

efek gigitan tomcat berapa lama
progres efek gigitan tomcat pada wajah

Jadi berapa lama luka tomcat hilang? Kalau yang saya alami, itu sekitar 7 hari. Tapi efek gigitan tomcat berapa lama? Saya kurang bisa memastikan berapa lama efeknya hilang. Sampai lewat satu bulan pun kulit sekitar mata bekas gigitan tomcat itu menjadi sangat sensitif dan perih serta gatal jika terkena air.

Sialnya lagi selang satu bulan, saya kembali terkena tomcat di mata kiri saya. Sekarang kedua mata saya sudah merasakan bagaimana ganasnya bisa racun tomcat. Sebenarnya jika yang terkena gigitan tomcat itu bagian tubuh lain (selain bagian muka) maka efeknya hanya muncul bintil-bintil air dan gatal saja. Tapi kalau gigitan tomcat di mata atau area sekitar wajah, anehnya efeknya akan bengkak dan sangat-sangat menyakitkan.

Cara mengobati gigitan tomcat di wajah sebenarnya cukup mudah. Kami hanya perlu pergi ke dokter umum saja. Tapi sebenarnya tanpa pergi ke dokter pun bekas gigitan tomcat akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

Jika kamu pergi ke dokter, kamu akan mendapatkan beberapa obat minum dan obat salep. Harga obat dan harga salep untuk tomcat waktu itu saya beli sekitar 100rb plus biaya konsultasi ke dokternya.

obat tomcat salep
obat untuk mengobati gigitan tomcat

Jadi waktu itu saya dikasih 4 obat minum dan 1 salep.

Grathazon Dexamethasone 0.5 mg fungsinya sebagai anti alergi, imunosupresan, anti inflamasi dan anti shock. Lapistan asam mefenamat (mefenamic acid) 500 mg fungsinya hampir sama dengan grathazone, yaitu anti inflamasi atau meredakan nyeri.

Alleron chlorpheniramine maleate 4 mg (CTM) fungsinya meredakan alergi dan gatal-gatal pada tubuh. Sedangkan Etaflox ciprofloxacin 500 mg fungsinya sebagai anti biotik.

Nah obat tomcat salepnya namanya Betason-N betamethasone valerate neomycin sulfate 5 gr. Bethason-N ini adalah jenis obat steroid dan Neomycin salah satu jenis antibiotik juga. Obat steroid berguna sebagai anti radang, anti gatal, sedangkan antibiotik berguna untuk membunuh bakteri penyebab infeksi.

Kombinasi keduanya menjadikan Betason N berguna untuk mengobati berbagai jenis penyakit kulit. Kurang lebih begitulah penjelasan medisnya.

Kamu bisa sampai di blog ini karna kamu juga mengalami masalah yang sama bukan? Yaitu sama-sama terkena gigitan tomcat di wajah. Ya, saya harap artikel ini bisa sedikit memberi pencerahan bagi kamu.


Gigitan tomcat itu memang bahaya, tapi gak mematikan kok. Mungkin ada, tapi saya belum dapat datanya tuh. Nyatanya saya sudah dua kali digigit tomcat di wajah dan beberapa kali di badan cuma demam-demam saja, kecuali untuk di wajah, efek gigitan tomcat memang sedikit menyakitkan karna di sertai perih dan bengkak.

Saran saya jika rumah kamu banyak tomcat, basmi menggunakan pestisida atau racun serangga. Matikan lampu saat tidur, bila perlu pakai kelambu. Karna dua kali saya digigit tomcat di wajah itu pas saya lagi tidur dan tau-tau aja pas bangun muka saya udah bengkak semua kayak petinju K.O babak belur.

Kalau kamu tidak keberatan, boleh tinggalkan komentar atau sharing pengalaman kamu tentang digigit tomcat di kolom komentar agar bisa jadi pengetahuan bagi sahabat pembaca lainnya. Terimakasih. 😊😊😊

Komentar

  1. Biasanya berapa hari mas.. Saya juga gitu pas bangun tiba2 mata duluan yang bengkak.. Besoknya keluar bintil kecil air tapi aku ga demam.. Kaya habis dicakar cakar dipipi kanan sama kening apa gitu mas

    BalasHapus
  2. Saat ini sya sedang menderita itu jg. Bangun tidur lgs sprti bengkak semua wajah.malm.ny ke dr spesialis kulit.dan ternyata efek gigitan tomcat.
    Dilain sisi sya jg merasa malu ketika bercerita sakit sya ke saudra n keluarga.krn dibilangnya terllu jorok.
    Kadang g terima.pdhl di kamar g nemuin tomcat lho....kuk bisa ya???

    BalasHapus
  3. Saya kayaknya juga kena gigitan tomcat gan, sama kaya gitu juga, tapi pas kempes punya agan ada bekas nya gak? Punya saya agak warna hitam bekas nya di bawah mata kiri, kalau ada bekas nya cara ngilangin nya gimana gan? Soalnya keliatan banget di wajah.

    BalasHapus
  4. Semoga saya jadi korban yg terakhir kalinyaaa :(

    BalasHapus
  5. Sy lg terkena gigitan tomcat di ketiak ni.. Awalnya babgun tidur keriak saya ruam merah merah perih ada 1 dua titik warna putih... Saya cuma kasih minyak tawon aja dan acyclovir tablet soalnya saya kira herpes... Hari kedua bintiknya semakin banyak ada 5 bintik putih berisi nanah dan semakin membesar... Hari ke tiga ada 7 bintik nanah semakin besar juga... Hari ini sy memutuskan ke dokter saja biar dapet resep yg tepat... Kira2 seminggu bisa sembuh gak ya gan ? Soalnya ada acara ke luar kota kondisi kayak gini mengganggu bangett perihh banget... Dan posisi di ketiak mudah banget kegesek...

    BalasHapus
  6. Tiba2 saya merasa perih di bagian dada dan leher, sprt ruam2 merah. Perih dan gatal gt. Di mata kiri juga, rasa perih. Tp saya pikir mgkn saya alergi makanan apaa gt. Cm di bagian mata sy bingung lah kenapa
    Besok paginya muncul perih yg sama di bagian leher. Dan di bagian mata td membengkak.
    Yaa Allah..
    Stlh cri2, brulah saya tw kalo itu ulah tomcat.
    Dan bnr saja, tdk brp lama saat beRsih2 kmi menemukan tomcat itu.
    Selain kesal, saya jg khawatir. Anak saya msh 10 bln. Saya takut kalau2 anak saya yf kena.

    BalasHapus
  7. Saya juga digigit Tomcat seluruh muka,dan melebar ke tangan leher dan punggung
    Baru ketahuan digigit Tomcat setelah 3 hari baru kedokter,Krn mukaku bengkak,merah melepuh
    Sikon pas kena covid,jd wkt tu janjian dl ma dokter kulit,tktnya dokter ketularan covid kn
    Udh diksh obat dan salep keloid,yg dibadan ninggalin bekas
    Yg diwajah smpe skrg sll muncul bintik" kcl kayak jerawat
    Mana seluruh muka

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini