[Kupas Tuntas] Review MiFi Modem Mini Wifi Haier 4G Smartfren Andromax M2Y

smartfren andromax 4G Lte m2y
mifi andromax smartfren M2Y

Berawal dari sms notifikasi di modem smartfren AC692UI yang saya gunakan. Isi sms itu menyatakan bahwa ada program trade-in, tukar modem lama dengan smartphone andromax 4G ataupun modem wifi andromax. Karna saya memang sudah lama pengen punya modem wifi, akhirnya saya tukar modem lama saya dengan modem wifi saja.

Sampai di galeri smartfren, "saya menanyakan apakah benar ada program trade-in?", terus kata mbak CS nya yang manis itu, "iya benar, ada." Untuk trade-in modem lama dengan smartphone andromax 4G dapat potongan 299rb, sedangkan untuk trade-in modem lama dengan modem wifi 4G andromax dapat potongan 190rb, harga normal modem smartfren wifi 4G ini 399rb.

smartfren andromax M2Y dan M2P
M2P dan M2Y
Ada dua pilihan mifi modem smartfren 4G, yaitu Andromax M2P dan M2Y. Dua modem ini harganya sama, normalnya Rp. 399rb. Bedanya cuma di kapasitas batrai, slot micro sd, vendor pembuat dan bentuknya saja. 

Andromax M2P memiliki kapasitas batrai 1500mAH, sedangkan M2Y lebih besar 2000mAH. M2Y memiliki slot micro sd dan bisa sharing file lewat jaringan wifi, sedangkan M2P tidak punya. M2P dibuat oleh ZTE, sedangkan M2Y dibuat oleh Haier. Nah, untuk bentuknya, M2P dibalut plastik doff, sedangkan M2Y dibalut plastik glossy. Kedua modem ini tersedia dalam dua warna, hitam dan putih.

Modem ini hanya menggunakan kartu SIM khusus 4G. Jadi kartu kamu yang lama tidak bisa dipakai di modem ini, tapi nomor kartunya masih bisa dipindahkan. Cara memindahkannya silahkan datang ke galeri smartfren terdekat.

Untuk saat ini saya akan mereview mifi modem wifi smartfren 4G LTE M2Y saja. Oke, langsung saja ke review lengkapnya. Oh ya, cari tau apakah daerah kamu sudah tercover jaringan 4G smartfren atau belum di sini smartfren.com/4g/coverage

Untuk speed atau kecepatan dari jaringan 4G smartfren ini lumayanlah, lebih kenceng dari EVDO REV-B yang biasa saya pakai. Berikut hasil perhitungan speed test by ookla melalui smartphone yang sudah dikoneksikan ke jaringan wifi smartfren andromax M2Y. (speed yang saya dapat, bisa jadi berbeda dengan yang kalian dapat)

Dapatkan Penawaran Harga Terbaik MiFi Smartfren Andromax 4G Di sini 

speed jaringan smartfren 4g lte
speedtest smartfren 4g lte by ookla


Apa Saja Di Dalam Kotak?

Di dalam kotak pembelian kamu akan mendapatkan 1 perangkat M2Y+batrai 2000mAH, kabel usb charger, adaptor charger, kartu smartfren 4G LTE, buku panduan, dan kartu garansi. Syukur-syukur waktu beli bisa dapat senyum manis mbak SPG nya, atau dapat no. hp nya, hahaha. Ngarep banget. Oh ya, password wifi default dari modem ini ditempel di bagian bawah kotak pembelian.

password default andromax M2Y
password wifinya ada di bawah box, tapi nanti bisa kita setting sesuai keinginan kita

Review Bentuknya

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, modem ini dibalut plastik glossy dan besarnya pas dalam genggaman tangan. Kalo kamu pernah pegang sony xperia mini, nah besarnya sama persis seperti itu.

review andromax m2y
beginilah fisiknya bro.
Modem ini memiliki 3 tombol, tombol power ditengah-tengah, mirip tombol pada iphone. Tombol WPS di samping kiri, Fungsi tombol WPS ini adalah untuk login ke jaringan wifi tanpa harus memasukkan password, dan tombol reset tertutup cover batrai sebelah kiri, harus dicolok pakai jarum untuk menekannya dan harus buka tutup batrai terlebih dahulu. 

reset andromax m2y
reset andromax m2y
Tombol reset ini fungsinya adalah untuk mengembalikan settingan seperti semula, misalnya saat kita lupa password wifi, dll.  Untuk port mikro USB ada di sebelah kanan. Slot kartu SIM dan slot micro sd ada di balik batrai.

Terdapat 6 lampu indikator yang menunjukkan informasi tentang modem smartfren andromax M2Y.

lampu indikator andromax M2y
6 lampu indicator smartfrren andromax M2Y
indikator smartfren andromax M2Y
bagian-bagian smartfren andromax M2Y

Arti Tiap Nyala Lampu Indikator M2Y

Indicator Sinyal
Lampu merah berkedip = Tidak ada kartu 4G smartfren
Lampu merah menyala = Tidak ada signal
Lampu kuning menyala = Sinyal lemah
Lampu hijau menyala = Sinyal baik

Indicator Koneksi/Sambungan
Lampu putih berkedip = LTE tersambung dan memiliki trafik data
Lampu putih menyala = LTE tersambung dan dalam status dorman/idle
Lampu putih mati = LTE terputus

Indicator Wi-Fi
Lampu putih menyala = Wi-Fi hidup
Lampu putih mati = Wi-Fi mati

Indicator WPS
Lampu putih menyala = WPS hidup
Lampu putih mati = WPS mati

Lampu indicator ini tidak hidup terus. Hanya lampu pada tombol power saja yang hidup terus dengan nyala seperti lampu sein motor. Ngerti kan lampu sein motor, hidup, mati, hidup mati lagi. Untuk menghidupkan kembali semua lampu indicator cukup tekan tombol power/daya sekali.

Untuk menghidupkan dan mematikan modem juga dari tombol daya ini. Tekan agak lama untuk menghidupkan, tekan juga agak lama untuk mematikan sampai semua lampu indicator mati. Jika lampu indicator pada tombol power masih hidup, berarti modem masih belum mati.

Skenario Koneksi Andromax Smartfren 4G LTE M2Y

Modem smartfren andromax 4G LTE M2Y ini bisa digunakan dalam beberapa cara/skenario sebagai berikut.

Skenario 1.
Beberapa perangkat mengakses internet menggunakan jaringan Wi-Fi. Jaringan Wi-Fi ini juga bisa kita matikan lewat setting dengan mengakses IP 192.168.1.1 atau http://andromax.m2y. Nanti kita akan bahas.


Skenario 2.
Satu perangkat komputer mengakses internet melalui modem lewat kabel data.


Cara menginstalnya gampang banget. Cukup sambungkan modem ke laptop dengan kabel data. Nanti akan keluar menu penginstallan (sama seperti menginstall modem usb smartfren lainnya). Setelah proses install selesai, pergi ke Device Manager --> Network Adapter. Jika sudah terinstall dengan benar, maka akan ada koneksi M2Y dengan nama "Remote NDIS based Internet Sharing Device".


Skenario 3.
Beberapa perangkat mengakses internet melalui Wi-Fi dan modem terhubung melalui kabel ke komputer.

Skenario 4.
Beberapa perangkat mengakses internet melalui Wi-Fi dan modem dalam keadaan di cas.


Sistem Operasi Yang Support dengan Modem Mifi M2Y

Windows XP SP3
Windows Vista Sp1/Sp2
Windows 7 (32/64 bit)
Windows 8 (32/64 bit)
Mac OS X 10.7/10.8/10.9
Ubuntu, Fedora, Open Suses, Linux Mint.


Setting Modem Smartfren Andromax 4G LTE M2Y

Sambungkan modem ke komputer/smartphone (asumsi saya, modem sudah terinstall) bisa melalui kabel data  ataupun jaringan Wi-Fi. Kemudian buka browser kamu, dan ketika di address barnya IP 192.168.1.1 atau http://andromax.m2y. Nanti akan muncul tampilan seperti ini:


Klik LOGIN di pojok kanan atas. Username dan Password defaultnya adalan "admin" (tanpa tanda petik). Untuk mengembalikan ke pengaturan default tadi sudah kita bahas, yaitu dengan menekan tombol reset pada modem. Username default ini nantinya bisa kita rubah jika kita sudah login.

Di sana ada beberapa menu, kamu bisa cek satu-satu sendiri. Yang perlu saya kasih tau di sini adalah, untuk cek paket internet kamu, silahkan klik menu My Smartfren. Tadi sudah saya bilang kalau M2Y ini support micro-sd. Nah jika kita ingin sharing file dari micro-sd yang sudah kita pasang di modem ini silakan klik menu DISK. Untuk mengatur settingan modem, klik menu Setting.

Oke sekarang kita akan masuk menu Setting (saya asumsikan kamu sudah login tadi ya). Mulai dari Quick Setting. Di sana ada cara cepat dalam pengaturan jaringan Wi-Fi kita.

setting andromax M2y
Setting --> Quick Setting
Kemudian masuk ke WiFi setting. Di sana kita bisa mengatur nama Wi-Fi kita, channel Wi-Fi, security mode (bisa open tanpa password ataupun kita pasangin password), Wi-Fi key itu untuk kasih password ke Wi-Fi kita. Max user untuk membatasi berapa perangkat yang bisa mengakses ke Wi-Fi kita. Max usernya bisa sampai 31 perangkat Wi-Fi+1 perangkat USB jadi total 32 perangkat, tapi gak tau kuat apa enggak kalau beneran dipake oleh perangkat sebanyak itu. Nah, untuk menghidupkan atau mematikan jaringan Wi-Fi nya kita bisa disable/enable SSID Broadcast dan Wi-Fi Module. Tadi kan di skenario kita udah bahas, modem ini juga bisa dipakai tidak cuma lewat jaringan Wi-Fi, tapi juga bisa lewat sambungan kabel data.

setting modem wifi
WiFi Setting

Untuk tab Network Setting dan Network Operator sama seperti settingan pada modem usb. Jadi saya gak akan bahas. Sedangkan Storage Setting untuk mengakses file-file yang kita simpan di micro-sd yang sudah kita pasang di modem.

Lanjut ke Admin Setting. Nah di sini kamu bisa mengganti login username dan password ketika mengakses IP 192.168.1.1 atau http://andromax.m2y yang defaultnya "admin" menjadi username dan password buatan kamu. Jadi tidak sembarangan orang bisa mengakses panel Admin. Setting juga login timeout, agar bisa otomatis logout pada waktu yang sudah kita set di awal untuk menghindari penyalagunaan dari seseorang. Jika memang login wifi telah di bajak, kamu tinggal reset ulang saja dengan menekan tombol reset. Untuk mengatasi pembajakan, nanti kita akan bahas di tab menu advance.

admin setting

Masuk ke tab Advance. Di sana ada banyak sekali tab pengaturan. Tapi saya hanya akan bahas satu saja yaitu Mac Filter. Karna di setting Mac Filter ini kita bisa melihat MAC address perangkat apa saja yang tersambung ke jaringan Wi-Fi kita. Jadi para pencuri Wi-Fi bisa kita pantau dan kita cut off dari sini.

mac filter

Di dropdown MAC filter mode ada pilihan disable, white list, dan black list. Disable untuk mematikan fitur mac filter, white list agar jaringan Wi-Fi kita hanya bisa tersambung ke perangkat yang MAC adressnya sudah masuk daftar white list. Jadi perangkat lain yang MAC adressnya belum terdaftar tidak bisa konek ke jaringan Wi-Fi kita. Seperti gambar di atas, MAC filter modem M2Y saya, saya set white list dan di sana hanya ada 2 MAC address, MAC laptop saya dan smartphone saya. Jadi yang bisa konek ke modem M2Y saya hanya 2 perangkat itu saja, yang lain tidak bisa. Sedangkan black list untuk memblok perangkat dengan MAC address yang sudah masuk daftar black list.

Jadi ada 3 cara untuk mengatasi pembajakan jaringan Wi-Fi modem mifi smartfren 4G LTE M2Y:
  1. Pada tab Wi-Fi setting, Max User kita buat seperlunya saja. Jika biasanya hanya ada 2 perangkat yang terkoneksi menggunakan modem ini, sebaiknya max user di buat 2. Jadi user ke 3 tidak bisa konek.
  2. Setting MAC Filter
  3. Matikan jaringan Wi-Fi, dan sambungkan modem ke laptop dengan kabel data saat mengakses internet.
Kesan Saya Setelah Menggunakan Modem Smartfren Andromax 4G M2Y

Setelah saya pakai beberapa hari, modem ini sangat-sangat valuable buat saya. Koneksi 4G lumayan dibuat kerja ataupun streaming, tapi memang untuk speed download masih kalah jauh dibandingkan Telkomsel yang biasa saya pakai tethering dari smartphone ke laptop. Batrainya tahan lama dan memang modem ini agak mudah panas. Tapi itu wajar dan saya antisipasi dengan meletakkannya di depan kipas angin. Kan udah gak pake kabel alias Wi-Fi, jadi modem ini mudah diletakkin di mana saja. Dan senangnya buat saya, saya jadi bisa hemat karna gak harus beli dua paket untuk modem laptop dan kuota smartphone. Selain itu, semua jadi lebih simple, karna gak pake kabel, jadi gak menuh-menuhi port usb laptop.

Dapatkan Penawaran Harga Terbaik MiFi Smartfren Andromax 4G Di sini 

Spesifikasi Smartfren Andromax 4G LTE M2Y

Mobile Wi-Fi LTE cat4.
Dapat dikoneksikan dengan Tablet, PC, Laptop, Smartphone dan perangkat dengan penangkap signal Wi-Fi lainnya.
Support Wi-Fi 2.4GHz.
Support up to 32 koneksi pengguna dalam waktu bersamaan.
Support mobile Wi-Fi setting. Jadi settingnya bisa lewat jaringan Wi-Fi dan lewat smartphone.
Support wireless storage berbagi musik, video, dan file lainnya lewat micro-sd melalui jaringan Wi-Fi.
Micro-sd up to 32GB.
Baterai 2000mAH (max 10 jam mode kerja dan 350 jam dalam mode siaga).

FAQ

Hape saya tidak 4G, apakah bisa jadi 4G jika menggunakan modem M2Y ini = bisa, hape kamu otomatis akan tersambung ke jaringan 4G. Sesuai dengan tagline smartfren "4G-in aja".
Berapa jarak yang bisa dijangkau Wi-Fi modem ini = 40-50m outdoor tanpa penghalang.
Berapa banyak pengguna yang bisa mengakses Wi-Fi mode ini = Max 31 pengguna.
Apa yang dilakukan jika lupa password Wi-Fi = Tekan tombol reset 3 detik dalam keadaan modem hidup, pengaturan Wi-Fi akan kembali ke dafault saat pertama kali pembelian.
Apa yang dilakukan jika terjadi IP conflict = Disconect koneksi kemudian restart modem, restart ya, bukan reset.
Apa yang dilakukan jika tidak bisa login ke halaman pengaturan 192.168.1.1 = Putuskan koneksi, hapus semua cookies browser, pastikan username dan password benar, restrart modem atau komputer, lalu coba lagi login ke halaman pengaturan.

Dapatkan Penawaran Harga Terbaik MiFi Smartfren Andromax 4G Di sini
Jika ada keluhan silakan langsung melapor ke fanspage smartfren di sini -> Smartfren 

Update Juli 2016:
Karna banyaknya pertanyaan yang masuk dan ketika di publish tiba-tiba hilang, admin jadi tidak bisa membalas satu persatu. Tapi kebanyakan pertanyaan sudah ada jawabannya di artikel. Silahkan di baca terlebih dahulu artikel di atas, saya juga sudah memberikan alternative solusi untuk setiap permasalahan yang sering terjadi. Terimakasih telah berkunjung. :D

Komentar

  1. itu telkomsel yang biasa dipake tethering udah 4g apa masih 3g

    BalasHapus
  2. bisa jelaskan ngga tentang ppnp sama DDNS di andromax m2y ini mohon pencerahannya?

    BalasHapus
  3. Mas eko masi adakah promo trade in ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. promo trade in ini hanya untuk pelanggan smartfren yang dapat sms dari pihak smartfren mbak. Jika mbak Ling pernah dapet sms promo trade in, mbak Ling bisa trade kapan pun karna nomor smartfren mbak udah terdaftar sebagai penerima promo.

      Hapus
    2. Sy dapat sms utk memperoleh modem mifi gratis dgn syarat isi ulang pulsa 100rb di galeri smartfren. Pas di depan CSx sy malah ditawari Smartfren Andromax Es dgn hax membayar 250rb.....alhamdulillah!!!

      Hapus
    3. wah.. mantap!
      beneran tuh cuma bayar 250rb saja? gak ada embel2 lain bro..?
      Andromax ES itu barunya 799rb lho. Kalo cuma bayar 250rb berarti di diskon 549rb.

      Hapus
  4. untuk kekuatan batre gimana mas? kuat berapa jam saat kondisi full?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya udah pake lebih dari seminggu, batrai lumayan awet. Kira2 lebih dari 9 jam deh. Saya pake online dari pagi sampe sore masih oke mas.

      Hapus
    2. Maf pak, punya saya baru beli, tapi ketika mau masuk ke layanan seting sadinya eror. Padahal belum pernah ganti sekalipun

      Hapus
    3. silahkan di tekan tombol resetnya pak.
      nanti akan kembali ke pengaturan default,
      username: admin
      password: admin

      Hapus
  5. saya kok g bisa konek ke jaringa wifi andromax m2y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba d reset aja modemnya. terus di coba lagi.

      Hapus
  6. sayangnya Modem ini cpt panas kalau dibuat Mobile..kemungkinan karena jaringan yg nggak stabil. batere cpt panas. .kemungkinan terburuk lost connection. .semoga ada perbaikan dikedepannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk hal itu saya agaknya setuju. kemarin sempat saya bawa mobile keliling kota yang mungkin sbagian wilayahnya gak ke kover jaringan smartfren dengan posisi modem di dalam tas, on beberapa jam, pas pegang udah lumayan panas. Sama saja sih dengan modem usb, kalo d pake lama panas. Akan lebih baik jika kedepannya modem wifi ini dibuat seperti HP Andromax smartfren, yg meskipun on terus jaringnya tapi tetap gak panas.

      Hapus
  7. paket data tidak jalan padahal baru di isi(tidak konek) coba di konek tidak bisa sedangkan jaringannya lampu hijau apa ada salah set nya ya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusinya gampang banget kok bro, cuma tekan tombol reset aja.
      Kalo lampu hijau itu berarti signal bagus. :D

      Hapus
    2. Bro gimana cra isi ulang pulsanya bro ? Tolong info nya

      Hapus
    3. Info tntng cara isi pulsanya dong ???

      Hapus
  8. jadi lebih boros juga y kuotanya?? biasanya pakai 4 giga telkomsel bisa 3 mingguan. ini pake 9 giga dan malam 12 giga habis dalam 2 minggu saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo menurut hitungan saya, 4GB telkomsel dengan 4GB smartfren itu padahal kuotanya sama, tapi gak tau kenapa lebih hemat smartfren. Soalnya gini, saya pake 4GB telkomsel cuma di hape saja yg notabene cuma buat main medsos, game, itu bisa bertahan sebulan, tapi pas di tethering ke laptop, bisa habis cuma dalam hitungan jam. Kalo smartfren 4GB itu untuk main d laptop bisa sampe seminggu. Itu udah ngapa2in aja tuh.

      Just IMHO.

      Hapus
  9. cara ngcek kuotanya gimana ya kalau lupa username buat login?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngecek kuota harus login mbak, kalo lupa password silakan tekan tombol reset, maka pengaturan akan kembali seperti semua. Username dan password akan default menjadi "admin"

      Hapus
  10. min, numpang nanya klo mau ganti password dan username harus install terlebih dahulu kah ke laptop? apakah bisa setting password tanpa install ke laptop hanya dengan mengaktifkan koneksi wifiny saja? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak harus install dulu.
      kita cukup sambungin ke jaringan wifi modem, terus akses 192.168.1.1 d browser laptop atau hape. Dari sana bisa buka halaman setting.

      Hapus
  11. Mas saya pengen tanya kok smartfren m2y saya lampu indikator datanya ga nyala yah cara menghidupkanya bagaimana ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertama saat kita ngidupin itu biasanya semua lampu indikatornya nyala. Selanjutnya indikator datanya akan mati otomatis. Tapi pas kita tekan tombol power sekali, lampunya akan nyala lagi. Kalo gak nyala berarti ada yang tidak beres dengan modemnya.,

      Hapus
  12. Masbro numpang tanya, pas beli M2Y kata customer service udah otomatis pake paket evo. Kalo ane mau pake paket Smartplan Limitless buat M2Y bisa gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gini mas bro, itu modem kan gak bisa buat sms ataupun nelpon. Kalo pake paket smartplan limitless kan harus aktifasi dulu lewat sms ya, CMIIW. Jadi paket yang bisa d pakai cuma evo. Cuma perlu isi pulsa, otomatis jadi kuota.

      Hapus
    2. wah maen kuota terus donk... coba klo bisa pake paket limitless, gak bisa nelpon n sms gakpapa dah, yg penting bisa ngenet 1 bln penuh kyk paket Unlimitednya EVDO.. btw kalo beli lewat neh web tetep mesti aktifasi via sms masbro? https://my.smartfren.com/mysmartplan.php#

      Hapus
    3. setau saya gitu bro. CMIIW.
      Yang bisa pake paket limitless itu hape smartfren andromax 4G nya, kalo modemnya ini gak bisa. Setau saya lho..
      Nah untuk pengisian lewat halama di atas, ane blm pernah coba, jadi gak bisa kasih testi. hehe

      Hapus
    4. kalau menurut saya bro bisa pake unlimited, krn sy sdh coba kartu 4G modom saya di hape EVDO bisa kok nelpon, tp belum sy coba bro pake unlimited karna paket bulanannya masih brlaku.

      Hapus
    5. wih... serius bro..
      kartu 4G bisa masuk hape evdo..?
      kalo ane pikir lagi, kayaknya mungkin.
      Tapi kartu 4G nya jadi gak bisa dapet 4G, dia cuma mentok di EVDO aja signalnya.. bener gakbro..?

      Hapus
    6. bener bro. sy dapat bonus nelpon ke operator lain jadi saya coba dan bisa.
      iya bro cuman mentok di EVDO.
      sama halnya modem 4G dibawa ke daerah yg sinyal 4G gak ada. hanya dapat sinya EVDO.

      Hapus
    7. wiih unlimited pake simcard 4G?... smoga aja bisa y bro, kasihan modem lama gak ada simcardnya, daripada beli baru... denger2 dari temen pas ke galeri (belum pasti loh..), mbak2 nya bilang kalo mifi bisa pake paket limitless tapi daftarnya harus langsung di galeri... analisis ane sih gini, yah mungkin biar mbaknya yg langsung ngurusin sms konfirmasi atau kode token dll, jadi semua urusan pendaftaran dihandle sama customer service, kita tinggal bayar paket sama biaya jasa... thanks buat info2nya masbro2 sekalian...

      Hapus
    8. Mantap bro infonya...
      Sok d coba, kalo bisa kasih info di sini lagi ya... :D
      Biar bisa jadi info buat temen2 sesama pemakai smartfren.

      Hapus
    9. confirmed, mifi bisa pake paket My Smartplan, syarat mesti daftar ke galery smartfren.... tips: pas daftar beli voucher sekalian di galery, jaga2 biar gak kena biaya jasa kalo cuma minta tolong daftar... btw bro2 skalian ane minta tolong dicoba daftar paket smartplan buat kartunya mifi lewat smartphone andromax bisa apa gak ya?

      Hapus
    10. ce mana ni pak ,,,, Uda bisa ,, biar ana coba . kabarin ya

      Hapus
    11. bisa gk bri ,,,, mau ikut ni

      Hapus
  13. kenapa ya pas connect di laptop no internet access terus? harus disetting dulu biar bisa connect, dan gak sekali, tp setiap kali connect:( tolong bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. ketika no internet acces, klik di icon wifi atau internetnya, kemudian pilih troubleshoot. Nanti komputer akan mencari sendiri pemasalannya. Biasanya ada beberapa driver atau hardware yang belum ada ada belum aktif.

      Hapus
    2. pertama lihat status lampu wifi, apakah hijau?
      kalau hijau dan status connected (bukan limited access) artinya saat itu sinyal dari BTS nya yg memang tidak ada internetnya, bukan kesalahan pada mesin anda.. tunggu saja beberapa jam atau telpon ke cs smart atas laporan gangguan jaringan.

      Hapus
    3. Terimakasih atas tambahannya. :D

      Hapus
    4. masuk setting - network setting - ubah manual jadi auto

      Hapus
  14. ada yg tau gimana supaya bisa browsing d laptop? tiap konek ke mifi dapetnya RTO terjs kalo di laptop, sedangkan klo di hp sih lanjay

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa sudah di coba diberbagai macam laptop?
      Kita harus uji dengan berbagai macam case, baru bisa tau permasalahan dan solusinya.

      Hapus
    2. 1. masuk device manager
      2. uninstal driver modem
      3. cabut modem dan tancapkan lagi otomatos driver akan terinstal lagi

      Hapus
    3. Sama nih kasusnya, laptop g juga ga bisa internetan pke mifi. Padahal di tablet lancar, yg lbh aneh lagi laptop saya bisa internet pke wifi di sevel.

      Hapus
  15. ada yg bisa solving problem saya gk? laptop saya bisa konek ke jaringan wifi namun statusnya limited/no connectifity. kalo theter via usb sih lancar. cuma tehter via wireless aja yg gbs. saya pake win xp sp3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba dulu d laptop dengan windows yang berbeda.
      Apakah statusnya sama. Ada dua kemungkinan, ada masalah dengan card wifi laptopnya, atau memang modemnya yang bermasalah.

      Hapus
    2. kemungkinan ini adalah masalah karena adanya filterisasi koneksi,
      silahkan ada cek:
      control panel > network and internet > view network and status > change adapter setting > cari nama wireless 4G nya dan klik kanan pilih Property
      akan keluar window wireless network connection property
      cari pilihan yg ada dibelakangnya kata kata wireless filter driver dan uncheck pilihan tersebut kemudian di OK

      http://i.imgur.com/Ncwrx4x.png

      coba koneksikan kembali :)

      Hapus
    3. Terimakasih tambahannya yuuki.
      semoga bermanfaat buat yang lain. :D

      Hapus
    4. Saya ngalamin problem yg sama nih, pake USB lancar tapi pake wireless ga konek (limited access atau no connection access)
      Coba pake HP juga ga bisa, kalo di hape keterangannya obtaining blabla sama authentification tapi ga kelar2.
      Saya pake win 8, mohon pencerahannya. Makasih :)

      Hapus
  16. Kenapa ya modem punya saya gk bisa connect ke notebook? Mas tau gk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa conect ke notebook dalam hal ini koneksinya menggunakan wifi atau kabel data mbak?

      Hapus
  17. Itu cara isi pulsa nya bagaimana?
    Terus cara paket internetan nya bagaimana juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paket internetnya pake paket EVO mbak.
      Cara isi pulsanya cukup isi saja pulsa seperti biasa ke nomor smart nya. Nanti pulsa otomatis jadi kuota.
      100rb = 5GB
      150rb = 9GB
      200rb = 12GB

      Semua paket sudah termasuk bonus 12GB dari jam 1 malem sampe 6 pagi.

      Hapus
    2. Klo isi plsa yang 50 rbu gk bsa dapet bonus 12gb ya?

      Hapus
  18. bro sy baru menggunakan modem m2y 1 bulan baru 2-3 hari ini lampu ke3 modem (lampu wifi) sering mati sendr dan begitu restart modem baru hidup lagi. sering dalam waktu 1/2-1 jam mati lagi lampu ke3 dari waktu restart modem. sy coba waktu mati lampu ke3 hubungkan ke pc internetnya masi terhubung jadi serupa modem usb jaman dulu haha... bro kira2 apa penyebabnya yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah saat lampu wifi mati, jaringan wifinya juga ikutan mati bro?
      Jika tidak ikutan mati, berarti ada cacat d lampu produknya. Bisa bro Del ajukan atau tanyakan k galeri smartfren. Btw saya belum pernah mengalami hal yang sama, jadi saya belum bisa memberi solusi yang memuaskan.

      Hapus
    2. Nah.. Sama ini akh juga begitu..
      Apakah ada solusi?
      Kalo M2Y punya saya, jika indikator wifi mati, jaringan juga terputus.
      Sementara saya gunakan simcard di LG G4.
      Mungkin ada pencerahan.. Terimakasih..

      Hapus
  19. Balasan
    1. bener2 gak bisa connect atau bisa connect tapi gak bisa akses internet isitilahnya no internet acces.

      Jika bener2 gak bisa connect, coba coneckin menggunakan laptop yang lainnya. Jika laptop yang laiinya bisa connect, berarti ada masalah dengan driver wireles laptopnya mbak. Install ulang aja drivernya.

      Hapus
  20. Kemarin saya baru nukerin mifi m2y ke galeri , singkat cerita saya coba di rumah sudah terhubung tapi tidak ada connec , trus saya coba utak atik pengaturan masih ga bisa , saya reset beberapa kali dan masukan pasword defaul malah mengautentikasi . mohon info nya agan2 ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di coba untuk bisa masuk ke jaringan wifinya dulu bro.
      kalo gak bisa masuk ke jaringan wifi, coba lewat kabel data. Pastikan modem sudah terinstall, cara install baca di buku panduan. Jika sudah masuk ternyata no internet acces, klik kanan di icon wifi, lalu pilih troubleshoot. nanti komputer akan mencari sendiri permasalahannya.

      Hapus
    2. Iya bro sya jga sama malah ada comandnya msalah dns nya...

      Hapus
    3. DNS bentrok d restart aja modemnya bro.

      Hapus
  21. Kalo SIMnya diganti sama XL bisa dipake nggak andromaxnya?kalo bisa ngaktifinnya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. andromax yang bro maksud di sini hape atau mifi bro..?
      Kalo hape andromax kan udah dual sim, jadi tentunya sim XL bisa dipake di sim ke duanya. Tapi kalo di SIM satu masih jadi pertanyaan, begitupun ketika sim XL di pasang di modem MIFI andromax. karna meskipun jaringan LTE sudah menyatukan antara GSM dengan CDMA, artinya sekarang di jaringan 4G LTE sudah tidak ada lagi pengkategorian GSM dan CDMA, keduanya sekarang sudah menyatu ke LTE. namun sayangnya, frekuensi yang digunakan antara jaringan 4G GSM XL dengan Smartfren berbeda, XL jalan di frekuensi 1800Mhz, dan XL 850Mhz. Belum lagi jika pihak smartfren melakukan lock perangkatnya. Silakan di trial sendiri ya bro, siapa tau bisa. Dan setau saya, cukup masukkan sim card, tidak perlu diaktifkan.

      Hapus
  22. Keren gan, jadi minat beli modem ini..

    BalasHapus
  23. Kemaren baru dapet gratisan mifi m2y dr smartfren tapi gabisa dipake..rumahku belon termasuk coverage area 4G..gabisa diakalin ya?
    :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gak masuk coveran 4G, bisa otomatis masuk ke jaringan EVDO. Jadi modem tetap bisa d pakai, tapi gak dapet 4G aja.

      Hapus
  24. Min lampu Indikator sinyal itu merah terus.,

    Padahal kemarin baik baik saja.,
    Itu apa sebabnya, terus solusi nya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. indikator sinyal nyala merah itu tandanya modem tidak mendapat signal bro. cek lagi kartunya apa sudah terpasang dengan benar. Atau memang jaringan sedang gangguan. Jika masih garansi, silakan bawa ke galeri smartfren terdekat.

      Hapus
  25. Bos mau tanya.. Kemarin saya kan beli tuh modem uda saya registrasi juga...nah kan ada tulisannya tuh gratis 4,5Gb.. Tp kok malah minta isi ulang ya.. Apakah punya.e mas bos juga begitu dulu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kemarin tidak benar2 beli baru mbak, tapi migrasi dari modem lama ke baru. Jadi nomor yang lama dipakai ulang di modem mifi 4G baru. Seinget saya kemarin dapet bonus emang, tapi saat itu kondisi kartu saya masih ada paket reguler evonya. Jadi paket gak kosong.

      Hapus
  26. Mau tanya mas,
    Baru dapet gratisan modem mifi m2y dari sms smartfren,
    Singkat cerita. Udah minta aktivasi sama cs nya, tapi dicoba dirumah kok ga bisa akses internet yah? Lampu di modemnya merah kedap kedip itu kenapa? Terusan sewaktu connect tulisannya limited? Biasanya connected kan kalo sudah tersambung -_- tolong pencerahannya mas. Thx :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu tandanya gak dapet signal mbak. :)
      Coba d tempat lain yg tercover signal smart.

      Hapus
  27. Mas eko,, gak konek2 trus lampu indikator nyala ijo dan indikator wirless jg nyala. Tp no internet acses terus. Knp ya ? Sy baru pertama pake. Pas beli kata CS nya udh bisa digunakan. Tp pas di coba no internet akses terus. Bagaimana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan ini adalah masalah karena adanya filterisasi koneksi,
      silahkan ada cek:
      control panel > network and internet > view network and status > change adapter setting > cari nama wireless 4G nya dan klik kanan pilih Property
      akan keluar window wireless network connection property
      cari pilihan yg ada dibelakangnya kata kata wireless filter driver dan uncheck pilihan tersebut kemudian di OK

      http://i.imgur.com/Ncwrx4x.png

      coba koneksikan kembali :)

      Hapus
    2. saya juga gitu mbak, klik kanan pada gamba wifi mbak, lalu pilih 'network an sharing center, lalu pilih wifi mbak yg no internet acces
      klik 2 kali, baru cari 'properties, lalu cari internet protocol version 4, lalu propertieskan.. kalau ada yg pakek ip, buat aja obtain an ip address automatically

      Hapus
  28. kenapa modem ane g kluar lampu wifiNYA ya . trus kecepatendownload sama UPLOAD beda jauh , cpetan upload nya , aneh gan , itu kenapa ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap daerah emang beda2 speednya bro. Tempat ane malah downloadnya yg kenceng, tapi kalo pindah lagi ditempat derah lain uploadnya yang kenceng. Ya begitulah. :)

      Hapus
  29. Gan tadi ane beli andromax m2y ditoko, sudah diaktifkan dan dapat bonus 4.5gb,, tadi ditoko bisa konek ke hp ane,, trus gue coba dirumah kok gak bisa connect ke hp gue ya? Mohon solusinya gan trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. di disconect dulu hapenya dari jaringan wifinya bro, terus login lagi ke jaringan wifinya. Password defaultnya ada ditempel di bawah kotak pembelian.

      Hapus
  30. Gan mo nanya donk. Modem ane m2y nih dr semlm ane test pake speed test koq lemot y.. kdng speednya edan bs smpe 27 mbps..ane dah nanya sm CSnya katanya jaringan gak ada mslh.. smpe skr buat browsing lemot bngt..itu knp y gan..? Thx gan sblmnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang kadang gitu gan. Maklum yang pake udah banyak, jadi kalo d jam2 sibuk suka lelet. :)

      Hapus
  31. Cara ngecas Mifi nya gimana ya ? Kenapa kalau saya hidupkan seluruh lampu indikator hidup semua terus semua mati . Mifi nya tidak mau hidup . Sudah di gas lama padahal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kayak ngecas hape gan. Pas ngidupin emang indikatornya idup semua, terus habis itu mati. Yang idup cuma lampu indicator yang ada di tombolnya aja. :)

      Hapus
    2. Nah semua lampu indiaktor mati yang hidup tinggal indikator wifi sama daya. trus semua nya mati tinggal indikator baterai yang hidup 1 garis gitu. Pernah ngalamin ga mas? Apa rusak modem nya ya? Padahal baru juga buka kotak nya

      Hapus
    3. belum pernah sih. hehe
      yang standby idup itu cuma lampu yg ada di tombolnya. Sedangkan lampu lainnya baru akan hidup jika tombol ditekan. :D

      Hapus
  32. Saya pake andromax M2Y gan , udh 3hari ini lah kurang lebih, Konek Usb limited acces, wifi di laptop juga limited acces, Smalem katanya tgl 2 ada maintenance sampai jam 4 emang gak bisa internetan, trus setelahnyasaya bisa internetan cuma nyampe jam 7 pagi, abis itu nyampe saat ini konek cuma gak ada koneksi. Padahal indikator semuanya normal. Itu solusi nya gmn ya broo ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi, kalo lagi gangguan emang gitu bro. ya harus sabar menunggu. :D

      Hapus
  33. Gan mw tanya nih, sy bru beli m2y , tinggal langsung pke kt csnya,alias udh di aktifin, pas smpe drmh saya coba pke 2 hp, 1 hp andromax g2,yg 1 lenovo , masalahnya di hp lenovo wifi sih terhubung tp kok ke bbm, dan internet lainya gk bs kebuka gan,pdhl sinyal ijo mentereng Di hp andromax lancar jaya, apa ya yg salah? Hihi tolong di bantu jawab gann ������

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihih, coba d tes dulu lagi pake lapto atua hape lainnya, bermasalaha atau tidak gan. :D

      Hapus
  34. Sudah pakai smartfren M2Y dua bulan, tp belakangan ini walaupun sudah konek ke mifinya tapi gak bisa dipake untuk browsing.. lampu indikator hijau, pas di test ping RTO. kira2 kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gangguan kayaknya bro, saya juga mengalami. Tapi cuma di jam-jam tertentu saja. :D

      Hapus
  35. Sudah pakai smartfren M2Y dua bulan, tp belakangan ini walaupun sudah konek ke mifinya tapi gak bisa dipake untuk browsing.. lampu indikator hijau, pas di test ping RTO. kira2 kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. gangguan kayaknya bro, saya juga mengalami. Tapi cuma di jam-jam tertentu saja. :D

      Hapus
  36. gan mau nanya , kalo ane berhenti paket , terus ngepaketin ke smartplan bisa ga ya? soalnya lebih hemat smartplan 60rb dapet kuota reguler 4gb . ini saya pake kuota yg paket connex evo boros bgt gan . thankss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut komentar teman kita Luwax Pawon bisa gan.

      confirmed, mifi bisa pake paket My Smartplan, syarat mesti daftar ke galery smartfren.... tips: pas daftar beli voucher sekalian di galery, jaga2 biar gak kena biaya jasa kalo cuma minta tolong daftar... btw bro2 skalian ane minta tolong dicoba daftar paket smartplan buat kartunya mifi lewat smartphone andromax bisa apa gak ya?

      Hapus
  37. Gan, apa ngga support sama windows 10? Saya OS yang itu soalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari spek lama supportnya dari windows xp sampai windows 8. Tapi terakhir ada update firmware, jadi mungkin updatetan itu untuk mensupport windwows 10. :D

      Hapus
  38. bro pas mau login di mylink usernamenya salah bro padahal usernamenya udah bener gimana bro ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. username: admin
      password: admin

      kalo salah silahkan tekan tombol reset.
      Posisi tombol reset sudah saya jelaskna di atas ya bro.:D

      Hapus
  39. Mantap gan cm isi pulsa 100rb di galeri sf dpt modem m2y gratis, n lancar jaya lg di pakenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap...!
      saya malah harus beli dulu gan. hehe

      Hapus
  40. min mau tanya nih di label tertera dapet bonus data 19 gb *syarat ketentuan berlaku. gimana min cara dapet bonus, terus cara cek kouta gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek kuota melalui menu mysmartfren di link ini http://andromax.m2y/

      di sana nanti kuotanya biasanya otomatis masuk. :D

      Hapus
  41. Mas cara aktifikasi m2ynya gimana ya mas caranya, kan ane dr android ane apa harus download aplikasinya diplay store?

    BalasHapus
  42. cara buka tutup baterainya bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di bagian bawah ada coakan kecil gan, buka saja dari situ.

      Hapus
  43. Maaf mas mau tanya, kenapa indikator lampu pada mifi m2s menyala merah semua ya ? Udh saya coba menekan agak lama pada tombol daya masih tetap sama saja. Itu kenapa ya trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu tidak mendapat signal mas, atau lagi proses startup. Cukup tekan sekali beberapa detik sampai lampu hidup dan tunggu lampu sinyalnya berubah dari merah menjadi hijau. Jika lampu sinyal masih merah, itu tandanya tidak dapet sinyal. Cari tempat yang sinyalnya bagus mas. :D

      Hapus
    2. cara mematikannya gmna ya? lampu indikator merah semua trus kok ga bisa mati ya??dicolokin ke laptop juga ga ada notifikasinya??

      Hapus
  44. mau nanya ka, udhah ngikutin info yg di atas td tp kebukanya malah di my smartfren dan tampilannya beda ngga kaya mas eko. kl dr mysmartfren setting ganti pasa wifi nya dmn ya?? trs kn wifi saya udah banyak yg connect, cara supaya mereka ngga connectsm wifi saya lg gmn ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk setting silakan di buka di sini http://andromax.m2y/

      Untuk mengatur jumlah koneksi harus melalui link tadi. Mbaknya bisa gunakan fitur max user di wifi setting. Dibatasi jumlah pemakainya 1 atau 2, maksimalynya bisa sampai 32 pemakai. Caranya sudah saya tuliskan di atas, silahkan dibaca lagi. :D

      Hapus
  45. Bro saya ga bisa connect ke wifi, trus pas di sambung ga konek plus ga muncul instalannya. Itu gimana? Saya pake win10

    BalasHapus
    Balasan
    1. setau saya, menurut spesifikasinya windows 10 tidak support bro. :D

      Tapi beberapa hari yg lalu ada update firmware, mungkin setelah upgrade akan support di windows 10.

      Caranya install dan setting dulu di laptp dengan windows 7, kemudian baru upgrade firmware modemnya.

      Hapus
  46. permisi mas eko saya mau tanya ini modem saya kok sinyal indikator sinyal warna merah terus indikator sambunganya gak nyala lampunya ,, apa itu settinganya berubah atau ada gangguan ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu tandanya gak dapet sinyal mas. Kalau gangguan hanya indikatornya saja yg tidak menyala. :D

      Hapus
  47. gan sinyal saya warna merah terus y terus lampu indikator sambungannya mati apa ini gangguan atau ada yg salah dr modem saya y ,, trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu gak dapet sinya gan. coba d tes lagi di tempat lain. :D

      Hapus
  48. Mas bro saya mau nanya nich saya baru pake modem androidmax M2Y cuma pas mau login password dan usernamenya elor terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. username dan password defaultnya:

      username: admin
      password: admin

      Hapus
    2. kalo udah diganti, lalu lupa passwordnnya gimana ya?

      Hapus
  49. makasi info nyaaa gannn ... saya sangat terbantu

    BalasHapus
  50. makasih banget ya mas eko untuk postingannya bermanfaat banget nih! :D
    ganti nama mifi, password, user id sukses dan udah konek tapi tiap dicolokin ke laptop pake usb kok ga kedetect ya? kenapa? :(
    jadi kan ga bisa keinstall driver mifinya

    oh iya OS notebook aku windows 8.1

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari spesifikasinya windows 8 masih support mbak. Coba d pastikan lagi port usb nya apakah benar-benar berfungsi. :D

      Hapus
  51. Mas eko saya mau lihat2 dalemannya, gmna sih cara buka tutupnya? udah sy coba buka blm bisa juga.

    BalasHapus
  52. bisa gak ya, setingan 4g saja diubah ke evdo? soalnya ditempat saya sinyal 4g masih timbul tenggelam, trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga sempet mau coba, ternyata tidak bisa turun ke evdo, hanya 4G only mas bro.

      Padahal tuh sales counter yang cantik pernah bilang kalo gak dapet 4g, otomatis turun ke evdo. Tapi di settingannya saya coba gka bisa d turunin.

      Hapus
  53. Mas eko tau ga, modem m2y saya kemrin di chrge sambil di nyala kan, trus tiba tiba mati sendiri, dan gabisa nyala, saya coba nyalain hanya ada indikator batre kedip kedip tapi full. itu kenapa ya mas eko? mohon ditolong

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih gak idup juga bro..?
      Tuker aja ke galeri smartfren atau tempat belinya.
      Punya saya masih oke sampai sekarang dan tidak ada kendala. :)

      Hapus
  54. Situs http://andromax.m2y tidak bisa diakses modem andromax m2y kenapa ya? Apa ada cara untuk mengatasinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gak bisa d akses, coba restart modemnya.
      kalo dari http://andromax.m2y gak bisa coba buka pake ip: 192.168.1.1

      Hapus
    2. Siang gan. saya dgn sya gan kejadian nya. udah dicoba seperti agan bilang tapi masih ga bisa diakses. saya coba di unistall dan install lagi modem m2y masih tidak bisa diakses gan. mungkin dari agan ada yg tau solusi nya ? bebagi yah gan.

      Hapus
  55. Mas mohon bantuan...modem M2S lampu sinyal Lte nyala trus,tp modem tidak dapat aktif /ga bisa dipakai wifinya,tolong donk saya harus gimana biar bisa digunakan lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo gak bisa connect ke wifi, settingnya pake kabel data aja mbak.

      Hapus
  56. Mas mohon bantuan...modem M2S lampu sinyal Lte nyala trus,tp modem tidak dapat aktif /ga bisa dipakai wifinya,tolong donk saya harus gimana biar bisa digunakan lagi

    BalasHapus
  57. Gan masih bingung di kasih mifi dari abang nah ane pas nyalain mifi terus konek ke mifinya di password nah ane engga di kasih passwordnya nah terus kaya agan pencet tombol resef yang di dalem 3 detik udah gan tapi tetep masih pake password ane mau masuk webnya engga bisa gan ada solusi ??

    BalasHapus
  58. Mas mohon bantuan...modem M2S lampu sinyal Lte nyala trus,tp modem tidak dapat aktif /ga bisa dipakai wifinya,tolong donk saya harus gimana biar bisa digunakan lagi

    BalasHapus
  59. bro gmn klo wifiny limited yAa?

    BalasHapus
  60. Kak ini knpa ya aku kan udh login trus password sama username adminnya udh aku gnti, trus dia mnta login lgi,pas aku masukin pass sama username yg bru ga mau, pas aku pke pass dan username default juga g bisa, gmna yah mas solusinya?
    Makasih

    BalasHapus
  61. maaf beda device mas...ini m2s saya ga bisa nyala sama sekali, bahkan sudah di charge beberapa jam tetep aja ga bisa. sudah di hard reset (tekan tombol kecil di sebelah usb), sudah dicabut kartu dipasang lagi, dan sudah ditekan tombol on/off beberapa kali maupun ditekan lama . tetap ga bisa mas, kira2 kenapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kayaknya cacat dari pabrik bro. tuker aja.

      Hapus
    2. Saya pernah mengalami dan sempat stres 😁 saya cas saja terus dan keajaiban terjadi setelah +- 13 jam muncul signal pengisian daya , monggo dicoba

      Hapus
  62. Selamat mlm mas eko
    Sy mohon jwabanya
    Waktu saya menetapkan admin dan password sepertinya salah, bagaimana untuk mengatur ulang alamat admin dan password yang benar. Karena saat sudah disetting setelah yang admin;admin saya rubah dan ternyata saya lupa,

    BalasHapus
  63. mas eko andromaxnya itu bisa bikin kuota nya unlimited gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, tapi harus registrasi ke galeri smartfren. bilang aja mau ganti paket internet.

      Hapus
  64. assalamualaikum..
    mas eko mau tanya cara ngatur modem mifi m2y, supaya pas kita isi pulsa, jadi pake kuota langsung itu gimana ya mas..
    saoalnya ane kalau pas habis isi pulsa dan ambil paketnya susah harus dipasang dulu ke hp smart..
    mohon infonya mas mksh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. registrasikan ke pake evo bro. kalo gak bisa coba main ke galeri smartfren minta bantu cs di sana.

      Hapus
  65. Mau tya mas eko. Saya punya andromax m2s uda pakai hampir 2bulan. Kondisi nya skrg mifi nya ga mau mati2. Indikator sinyal kedip merah. Uda saya tekan power on/off yg lama ttp ga mau mati. Di cas seharian kaga ngaruh. Knp ya mifi saya. Uda tekan tombol reset juga pake peniti ga ngaruh juga. Punya solusi?

    BalasHapus
  66. Mau tya mas eko. Saya punya andromax m2s uda pakai hampir 2bulan. Kondisi nya skrg mifi nya ga mau mati2. Indikator sinyal kedip merah. Uda saya tekan power on/off yg lama ttp ga mau mati. Di cas seharian kaga ngaruh. Knp ya mifi saya. Uda tekan tombol reset juga pake peniti ga ngaruh juga. Punya solusi?

    BalasHapus
  67. kalo password adminnya lupa gimana ya???

    BalasHapus
  68. Mas mau nanya, andromax m2y saya gak bisa browsing di laptop. Tp di laptop tertulis conncected tp pada saat mau browsing gak mau. Kalau di hp semuanya lancar cuman kalau di laptop gak bisa browsing tp tertulia di laptopnya sudah connected.

    BalasHapus
  69. Mas eko mau tanya. Saya ganti username ma password mifi m2s saya. Eh pas mau login lagi malah fail disuruh masukin correct username. Pdhl username kan dh diganti tp ga bisa, saya masukin yg lama pun ga bisa. Mhon pencerahannya ya

    BalasHapus
  70. Mas eko numpang tanya. Saya baru ganti username sama password mifi m2s saya. Waktu mau login balik malah ga bisa dan fail terus pdhl user ma pass nya dh sesuai dgn yg saya buat baru. Trz saya pake user ma pass yg lama jg dh ga bisa. Mohon bantuanny trims

    BalasHapus
  71. selamat malam,
    ane mau tanya kalo sinyal nya berkedip merah dan indikator wifi nyala merah terus itu knp ya? kebetulan saya pakai andromax m2s. baru beberapakali pakai langsung ngadat. padahal pemakain normal. selain itu saya reset juga gak bisa. mohon bantuannya

    BalasHapus
  72. mas saya mau nanya.
    saya driver gojek baru beli mifi m2y , niat saya beli mifi ini untuk menghemat pengeluaran saya.
    kok saya baru pakai 3 hari cepat habis ya. itu saya belum beli pulsa si. masih dapat bonusan kuota dari pertama beli .
    mohon saran dong mas, kasih saya saran untuk pakai mifi ini biar ga boros pemakaiannya. btw hape saya ada 2 dan yg 1 buat narik , yg satu samsung core 2,selama conect mifi itu sya ga pernah buka youtube biar ga boros niatnya. tp ternyata saya cuma buka sosmed biasa dan browsing browsing saja ko boros ya mas?
    dan saya takutnya nanti pas beli pulsa yg 100 cepat abis.
    tolong sarannya ya mas . thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. rubah pake evo kuotanya ke pake unlimited smartplan bro. silakan minta bantu rubah ke galeri smartfren terdekat bro.

      Hapus
  73. Mas Eko, mau tanya..
    Kenapa ya akhir-akhir ini tiba2 M2Y punya saya lampu indikator wifi nya mati, padahal lampu indikator sinyal nyala (hijau) dan lampu indikator koneksi juga nyala, jadi smartphone saya tidak mendetect adanya wifi dari M2Y tersebut.. Apakah mifi M2Y saya rusak?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. blm tentu.
      kalo ada masalah gitu, hal yang paling utama adalah restart, jika tidak bisa, tekan tombol reset.

      Kalo wifinya masih gak aktif coba koneksikan pakai kabel data modemnya ke laptop.

      Hapus
  74. Balasan
    1. buka browser, ketik 192.168.1.1 atau http://andromax.m2y

      Hapus
    2. Tombol wps untuk apa ya bro eko?

      Hapus
    3. Sudah di jelaskan di atas ya Bro.

      Modem ini memiliki 3 tombol, tombol power ditengah-tengah, mirip tombol pada iphone. Tombol WPS di samping kiri, Fungsi tombol WPS ini adalah untuk login ke jaringan wifi tanpa harus memasukkan password,

      Hapus
  75. ini 4g nya di frekuensi brp y.. bs d pk 4g operatot lain ga..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. 850Mhz, silakan di coba gan.
      Saya kurang tau perangkat ini di lock apa unlock.

      Hapus
  76. Kak.knp wifiny hrz d sambungin halaman depan trz ya?

    BalasHapus
  77. mksdny mobilewifiny hrz d sambungkan dlu.baru bisa utk internetan.kl langsung wifi otomts tdk bs ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo hapenya sudah pernah login ya langsung otomatis nyambung mbak jika wifinya idup. Kalo belum pernah login ya harus login dulu.

      Hapus
    2. Masuk network setting nanti koneksi di set auto

      Hapus
  78. Nanya gan..ada ga setting buat blokir situs yang kita inginkan di moxem m2y. Soalnya khawatir aja ama anak2 jaman skr yg sdh bisa mengakses situs2 xxx kalo kita share jaringannya ke orang banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa gan, di tab advance itu bisa pilih ip filter ataupun url filter.

      Hapus
    2. Ok. Makasih gan eko. Sukses selalu :)

      Hapus
    3. Gan eko cara penulisan url gimana ya? Krn sdh sy tambahkan url nya kok tetep work ya. Sy mau blok youtube cnthnya. Sy ketik www.youtube.com atau http://www.youtube.com , tetapi ttp bisa dibuka

      Hapus
  79. Mas saya mau tanya mengenai m2s lampu led saya menyala merah semua , dan tidak bisa dinonaktifkan sudah saya bawa bawa ke area yang biasanya tercoverage kencang masih saja merah dan tidak bisa connect 😞. terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba d buka case batery dan batery nya mas bro, benerin juga slot kartunya.

      Hapus
  80. mas eko saya mau nanya kalau dilihat di mysmartfren modem mifi m2s signal yg 4G nya malah ada tanda "x" merah itu bagaimana yah solusi nya ? saya sdh reset modem sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. solusinya hanya menunggu mas, atau cari tempat yang signalnya bagus. karna modem ini hanya bisa menangkap signal 4G dan tidak bsa menangkap signal di bawahnya seperti evdo rev A atau Rev B. Jadi signal yang di dapat harus selalu 4G.

      Hapus
  81. mas saia mau nanya , apa bisa modem m2y ini ganti kartu dgn kartu smartfren lain , soalnya paketan conex evo terlalu boros buat saia ?

    BalasHapus
  82. Numpang tanya sejak 1 bulan pake aman sekarang mulai muncul tanda seru di bar sinyal mungkin sedang crowded dulu mungkin cdma yang pake sedikit jadi lancar sekarang setelah banyak yang pake mirip seperti mifi gsm, sudah off kemudian on bisa hanya beberapa menit kemudian tanda seru muncul lagi apa hardwarenya bermasalah? terimaksih

    BalasHapus
  83. mas saya mau tanya. mifi m2y ini apa bisa dikoneksikan ke wifi iphone 5s ya?

    BalasHapus
  84. kak mau nanya dong barusan ganti passwordnya terus lupa namanya apa kan udah reset tapi gabisa juga ya log innya, biasanya SSIDnya setelah direset bakal kembali nama awal apa yg udah aku ganti ya ? terimakasih

    BalasHapus
  85. mas. kenapa ya pas user udah di setting password ama nama wifinya tapi pas mau di gunain buat onlne si wifi malah gak minta password. gimana ya mas?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini