Apa Itu Digibank By DBS [Review Pribadi]

Kamu bisa sampai ke blog ini karna kamu penasaran tentang apa itu digibank by dbs? Maka dari itu saya akan menjelaskannya secara simple dengan bahasa saya dan menurut sepengetahuan saya serta dari pengalaman pribadi saya.

apa itu digibank by dbs

Apa itu digibank by dbs? Digibank by DBS adalah sebuah layanan digital perbankan yang dikemas dalam satu aplikasi mobile. Jika kamu pernah tahu jenius btpn, nah kurang lebih seperti itulah digibank by dbs.

Tapi saya sekarang belum bisa ngereview jenius btpn vs digibank by dbs secara lengkap karna terus terang saya belum pakai jenius. Saya masih terganjal di persyaratan NPWP nya. Iya, soalnya kartu NPWP saya belum keluar.

Digibank dbs indonesia atau digibank indonesia atau digibank by dbs indonesia bernaung di dalam satu perusahaan yaitu dbs indonesia.

Digibank sendiri adalah perusahaan digital bank dari India, sedangkan DBS sendiri adalah perusahaan perbankan dari Singapura yang katanya terkenal dengan tingkat security nya yang tinggi. CMIIW.

Waktu itu kantor di mana saya berkerja di datangi oleh tim marketing digibank by DBS. Temen-temen kantor udah pada daftar karna tergiur dengan hadiahnya, yaitu dapet burger supergede dan juga speaker bluetooth tempel keren dan semuanya gratis.

promo digibank by dbs
hadiah langsungya burger dan speaker bluetooth

digibank indonesia
speakernya pas udah di buka

Pada awalnya saya gak mau ikutan daftar, tapi karna saya pikir digibank ini sama persis dengan jenius btpn di mana kartu debitnya bisa jadi alternatif kartu kredit tapi dengan sistem tarik dari saldo tabungan sendiri, jadi saya ikutan daftar.

Menurut sumber yang saya dapat dari facebook, kartu debit jenius btpn bisa digunakan sebagai alternatif pengganti kartu kredit. Seperti pembayaran iklan facebook, belanja dari amazon, dsb. Saya pikir kartu debit digibank by dbs juga bisa begitu.

Tapi setelah daftar, ternyata kartu debitnya digibank by dbs ini gak bisa dijadikan alternatif pengganti kartu kredit. Tapi ya udahlah, udah ke daftar juga. Hehe

Update 29/08/2017
Good news! Setelah saya coba lagi, kartu debit Digibank ini sudah bisa digunakan untuk alternatif pembayaran facebook ads atau iklan facebook. Hal ini juga diperkuat oleh teman saya yang ikut mencoba dan ternyata bisa.

Update 30/09/2017
Kartu Debit Digibank sudah bisa dijadikan buat alternativ payment facebook ads. Saya sudah memasangkannya di facebook adsmanager saya dan menjalankan beberapa iklan untuk UKM dan work.

alternatif pembayaran facebook ads
Invoice pembayaran facebook ads

Update 09/10/2017
Wow, ternyata sekarang Digibank juga udah support buat paypal lho. Mantap banget! Dulu kalau mau verifikasi paypal harus ribet pake kartu kredit ataupun beli VCC sekarang sudah bisa pakai Digibank. Ini sangat membantu sekali bagi saya karna saya juga kadang masih menggunakan paypal untuk beberapa transaksi yang tidak di bisa di support kredit card.

Karna digibank by dbs ini adalah bank dengan layanan digital, jadi untuk mendaftar dan membuka rekening digibank by dbs lumayan mudah. Semuanya bisa dilakukan dari hapemu dan gak perlu datang ke bank. Sama persis lah dengan jenius btpn.

Jadi kamu hanya perlu ke play store untuk android dan appstore untuk iOS dan download aplikasinya di sana. Namun tidak semua hape bisa di install aplikasi digibank, contohnya hape temen saya yang xiomi gak bisa, kata sales digibank nya sih memang ada beberapa hape yang di blacklist.

digibank by dbs android ios


Hape saya yang merek sony juga gak bisa, karna udah di root. Device atau hape yang sudah di root tidak bisa di install aplikasi digibank by dbs. Tapi saya gak kehabisan akal, saya unroot saja langsung saat itu juga dengan aplikasi Super SU dan penginstallan berhasil.

dbs indonesia


Setelah proses penginstallan selesai, lakukan pendaftaran dengan mengikuti langkah-langkah yang tertera di layar.

Saat ini syarat untuk mendaftar digibank by dbs adalah harus berdomisili di jakarta (tidak mesti harus punya KTP jakarta lho ya) karna saya KTP sumatera pun bisa asal domisilinya di Jakarta tapi harus yang sudah e-KTP.

Jadi yang KTP nya belum e-KTP belum bisa mendaftar. Temen saya juga ada yang gak bisa mendaftar karna KTP nya belum e-KTP.

Syarat yang kedua adalah harus punya kartu NPWP. Berhubung waktu itu kartu NPWP saya belum keluar, saya punya NPWP tapi memang kartunya belum di kirim ke saya dari pihak pajaknya. Jadi untuk input di bagian nomor NPWP nya diganti dengan nomor KTP di kurangi 1 digit angka yang paling belakannya dan yang di foto juga kartu e-KTP bukan kartu NPWP.

Setelah proses pendaftaran selesai, langkah selanjutnya adalah janji ketemu dengan agen digibank by DBS untuk verifikasi data. Karna waktu itu sales dan agennya juga ke kantor, jadi saat itu juga bisa verifikasi data dengan cara melakukan fingerprint.

Setelah proses verifikasi selesai, akun digibank by dbs mu telah aktif dan kamu sudah bisa melakukan transaksi. Untuk kartu debit akan dikirim ke alamat yang kamu input saat pendaftaran dalam waktu satu minggu.

Terus apa aja yang saya dapat setelah mendaftar digibank by dbs? Saat setelah pendaftaran saya mendapatkan burger jumbo dan speaker bluetooth secara langsung.

Kelang beberapa hari, saya mendapat saldo 50rb secara cuma-cuma dari digibank, dan saldo itu saya buat ngisi pulsa 50rb ke hape saya.

Ajaibnya semuanya bisa dipakai. Jadi gak ada potongan sepeser pun. Ngebuka rekeningnya juga gak ada biaya atau saldo awal dan saldonnya juga bisa dikosongin sampe 0 rupiah dan saya tidak kena pinalti apa pun.

Jadi kelebihan digibank by dbs itu adalah bebas biaya admin, rekeningnya bisa dikosongin sampe 0 rupiah, bisa transfer antar bank dan tanpa dipungut biaya sepeser pun, bisa buka deposito online yang mudah bukanya dan mudah cairnya, dan semuanya bisa dilakukan dari hape tanpa harus pergi ke bank.

deposito online digibank by dbs indonesia
buka deposito jadi gampang banget

Selain itu, awal-awal ini digibank by dbs juga punya banyak promo, contohnya burger, speaker, dan saldo gratis 50rb seperti yang sudah saya dapat. Ada juga voucher gopay, cashback bukalapak, dan sebagainya.

Di sini saya tidak mempromosikan digibank dan tidak menganjurkan anda mendaftar digibank serta saya tidak memiliki affiliasi apa pun dengan pihak dari digibank by dbs.

Saya di sini hanya sharing pengalaman saya saja. Semoga info yang saya tulis bisa menjadi jawaban dari pertanyaan yang sedang kamu cari tentang apa itu digibank by dbs.

Untuk info lebih lanjut kamu bisa langsung mengunjungi website digibank by dbs indonesia di sini --> www.dbs.com/digibank/id/id/index.html

Jika ada pertanyaan ataupun kamu ingin sharing juga tentang digibank by dbs, kolom komentar terbuka untuk kamu. Silahkan sampaikan di sana. 😊


Kata kunci penelusuran:
apa itu digibank by dbs
digibank dbs indonesia
digibank indonesia
dbs indonesia
jenius btpn

Komentar

  1. Bagus jg infonya... terimakasih...
    Ngomong2 diaplikasi ini sdh bs transfer ke tcash, indosat dompetku, Bank Daerah belum ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Transfer bank daerah udah bisa om, saya cek udah ada banyak bank daerah yang terdaftar di list transfer. Kalo TCash sama Indosat dompetku untuk saat ini bulan july 2017 belum ada. Saya rasa ke depannya urusan gampang bagi DBS jika mau kerjasama dengan merchant. Asal peminatnya banyak.

      Hapus
  2. Mas boleh post pic kartu debitnya? itu bsa wave aja kan? tp blum bsa untuk belanja online jy Jenius ya?

    Tolong post depan ama belakangnya mas, no kartunya mas block aja, saya mau lihat logo apa aja yg terpasang.

    BalasHapus
  3. Bisa transaksi online seperti pakai kartu kredit tidak ya? Misal belanja di amazon...

    BalasHapus
  4. keren sih.. baru daftar juga.. kasusnya sm kaya gue.. npwp ada tapi kartunya belum di kirim2, kata salesnya gpp pake ektp..

    thx dah sharing bro

    BalasHapus
  5. Kalo mau buat jenius bisa saya bantu mas...

    BalasHapus
  6. Kalau dipaypal atau playstore sudah bisa coba dipakai juga mas debit digibank ini? Niat bikin sih terimakasih buat jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. setelah saya coba, untuk saat ini tgl 10/09/2017 belum bisa gan. Baik itu di paypal ataupun di playstore. Tapi tenang, biasanya akan ada update merchant kok. Kayak pembayran facebook, sebelumnya gak bisa sekarang sudah bisa.

      Hapus
    2. Terima kasih buat jawabannya mas berarti debitnya digibank ini buat online tidak beda jauh dengan debit mandiri ya bisa bayar facebook tapi disitus lain mungkin harus pakai vbv kecuali yg sudah kerjasama mandiri seperti facebook. Iya mas mudah2an merchant yg lain bisa segera nyusul sekali lagi terima kasih buat artikel dan jawabannya mas sangat informatif :)

      Hapus
    3. Udah bisa kok gan digibank di paypal sekarang monggo dicoba lagi aja

      Hapus
    4. iya gan, terimakasih atas infonya. ternyata sekarang udah bisa untuk paypal.

      Hapus
  7. Numpang nimbrung tentang Jenius, kebetulan saya sudah pakai Jenius sejak tahun lalu & sedang mau coba digibank.

    Sebenarnya selain kewajiban NPWP (yang memang cukup merepotkan), Jenius jauh lebih fleksibel dari Digibank, ktp tidak perlu e-ktp, sudah tersedia di daerah (walau perlu datang sendiri aktivasi ke cabang btpn), nggak ada batasan ponsel, transaksi via web bisa, transaksi di situs yang nggak support vbv bisa (termasuk situs-situs kecil yang nggak mungkin kerjasama mandiri), bunganya lebih besar (5% p.a. di saving yang bisa ditarik kapanpun tanpa penalti/minimum, vs 3% di DBS), bisa punya 3 kartu tambahan (rada gimmick sih, mungkin mereka sadar repotnya kewajiban npwp, lalu bikinkan tambahan).

    Nah kelemahan fatal Jenius, situs & aplikasinya sering banget lambat/bahkan tidak bisa diakses di jam sibuk. Transfer ke BCA juga kadang nggak bisa.

    Selama ini Digibank lancar-lancar aja? Statement bulanan instant nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. aplikasi digibank cukup stable karna sebelumnya digibank ini sudah running duluan di india dan developernya dari India. Soal develop, kita tau sendiri India gudangnya developer hebat. Soal secure, DBS sudah terkenal dg tingkat securenya. Statement bulanan biasanya akan di kirim via sms tiap bulannya.

      Hapus
  8. Saya baru aktivasi digibanknya, informasi dari agan agan semua sangat membantu buat saya memahami lebih lanjut ttg digibank ini, terimakasih

    BalasHapus
  9. Saya baru dapat promonya hari jumat kemarin didekat kantor. Sudah install dan dapat speaker. Tinggal tunggu verifikasinya. Tadi pagi udah di hub sama orang DBSnya utk verifikasi ulang. Katanya 1x24 jam akan diemail statusnya. Mudah2an saya bisa gunakan besok tanpa ada kendala apapun.

    BalasHapus
  10. Ane coba tambah rekening di aplikasi jenius buat rekening DBS ko bilangnya nomor rekening tidak tersedia..? Kenapa ya.. padahal udah aktivasi 2 hari yang lalu.. apa emang jenius yg belom support kirim ke DBS ..?

    BalasHapus
  11. Gan daftar digibank jadinya ga perlu npwp dulu boleh ya? Apa nanti pas verifikasi data disuruh ganti npwp? Karena saya masih mahasiswa belom ada npwp hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya kemarin bisa. Tapi saya memang punya nomor NPWP, hanya saja kartunya yang tidak ada Jadi diganti dengan nomor KTP. Di coba saja gan.

      Hapus
  12. saya barusan daftar kok kartu tidak diterima ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 7 hari baru jadi kartunya. Nanti di antar ke alamat yg di isikan waktu pendaftaran.

      Hapus
  13. Hai, apakah ada yang sudah pernah taruh deposito di digibank ? apakah aman dan proses pencairan cepat seperti deposito di bank konvensional ?

    BalasHapus
  14. Duh pengen banget punya apalagi bisa dipakai buat paypal soalnya saya mau tutup kartu kredit yg udah nyebelin pelayanannya, minta kartu tambahan masa 4 bulan ga sampe padahal bentar lagi kartu utama dan mau expired, tapi sayang harus domisili DKI :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. KTP bisa dari kota mana aja. Soal domisili juga gak mesti harus jakarta. Asal pas janji ketemuan bisa d seputar jakarta. Untuk kartu nanti di kirimkan ke alamat yang kita tuliskan saat pendaftaran.

      Hapus
  15. Mau make sure lagi..apakah benar Digibank tidak dikenakan biaya adminiatrasi sepeserpun? Apakah digibank recommended untuk menabung? Advice pls.

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar, digibank tidak ada biaya speserpun mulai dari pembuatan sampai admin bulanan. Kalo untuk menabung sebaiknya jangan dalam bentuk uang, apa lagi menabung untuk keperluan jangka panjang. Karna bisa tergerus inflasi. Kalo mau menabung di digibank, bisa menggunakan fitur deposito, tapi saya lebih rekomended kalo anda mulai menabung emas di pengadaian. Silahkan baca artikel saya di sini http://www.ekokurniady.com/2017/10/investasi-untuk-karyawan-dengan-gaji-di-bawah-empat-juta.html

      Hapus
  16. Kayaknya sejak November 2017 ini debit Digibank udah gak bisa/ditolak buat PayPal/internasional lagi deh gan padahal fitur transaksi internasionalnya masih aktif. Ntah kebetulan lagi maintenance/gangguan sementara doang tapi kayaknya sih emang diblock ama policy Digibank (security reason), soalnya udah hubungin CSnya katanya online wajib merchant 3dsecure/VBV sih (padahal bulan lalu masih bisa PayPal). Namun ada beberapa merchant yg non 3dsecure/VBV yg dichargenya dalam IDR/Rupiah tetap bisa sih (kayaknya yg udah kerjasama dengan Digibank/pilih2 merchant?) kayak di Google Playstore ama Itunes bisa, Facebook Ads juga bisa, tapi Spotify ditolak. Khusus fitur debit online yg internasional kayaknya masih jauh mending Jenius BTPN deh gan acceptance udah kayak CC Visa universal gak pernah ditolak dimana2. Mungkin karena baca2 produk Digibank ini kan aslinya India cuman co-branding doang nebeng ama DBS (Singapore) soalnya di India juga asalnya debit Digibank emang cuman bisa transaksi online lokal atau paling banter bisa 3ddsecure sesuai regulasi disono, gak bisa PayPal juga. Tapi namanya kebijakan bank/issuer masih bisa berubah kapan aja sih. Hanya sekedar share info aja gan dimari sesama pengguna Digibank hehe :D salam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas sharing infonya gan. Info seperti ini sangat2 bermanfaat bagi yang lainnya.

      Hapus
  17. saya mau buat tapi masih mahasiswa bisa tidak ya ?

    BalasHapus
  18. Kalo tidak menabung nabung kira kira bakal diblokir gak ya min?

    BalasHapus
  19. Saya baru pertama jadi nasabah digibank. Buat compare kalo menurut saya dengan jenius btpn masih fleksibel'an jenius, dimana cukup mudah juga buat daftar di jenius tp sesuai kebutuhan juga si skg !! Makasih juga buat mas bro eko yg udah post manfaat apa aja yg ada di digibank

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas tambahannya mas. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan para pembaca.

      Hapus
  20. Mas saya mau tanya, itu reward yg 50rb masuk ke rekening digibank kita maks 5 hari kerja setelah tanggal aktivasi kartu kita atau apa ya?

    BalasHapus
  21. kalo dapet kartu debitnya gimana gan? saat verifikasi sama agennya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kartu debit di kirim ke alamat yang agan isikan saat pendaftaran 7 hari seteah agan bertemu agen verifikasi.

      Hapus
  22. Sudah bisa lagi debitnya Digibank/DBS dipake online sih gan transaksi di beberapa merchant non 3dsecure yg udah diapprove/kerjasama dengan Digibank termasuk untuk verifikasi/transaksi PayPal

    Tapi tidak seperti debit Jenius BTPN/Permata yg memang dari banknya universal bisa dipake disemua merchant baik 3dsecure maupun non 3dsecure maka untuk debit Digibank DBS lebih selektif tidak semua merchant internasional non 3dsecure diapprove bank DBS, beberapa yg sudah diapprove/whitelist Digibank (confirmed) diantaranya:

    - Google Play Store
    - Itunes Store
    - PayPal
    - Facebook Ads

    Transaksi dengan merchant non 3dsecure selain daftar diatas mungkin masih bakal declined/masih diblokir saat ini, masih bisa nambah daftar/berubah policy lagi sih kedepannya

    Untuk merchant yg sudah pakai 3dsecure/pake VBV baik domestik dan internasional maka rata-rata memang sudah bisa semua pake debit Digibank

    Mungkin nambahin itu aja, salam gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih gan, info tambahannya sangat bermanfaat. -Salam

      Hapus
  23. Isi saldonya gimana gan? Bisa transfer dari bank lainkah? Ada biaya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. isi saldo bisa transfer dari bank lain. Biaya transfer sesuai dengan tarif yang ditentukan bank asal.

      Hapus
  24. Gan mau tanya, kalau belum ada NPWP (msh kuliah) bisa buka Digibank ga ya?

    BalasHapus
  25. Gan, kalau belum ada NPWP tetap bisa buka rekening Digibank ga ya?

    BalasHapus
  26. Dr pas daftar lama jg ya seminggu dtg kartunya, padahal mw buat buy 1 get 1 nonton hhe, Klo top up dr bca brp biayanya ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 6000an gan, sama kalo ke bank lain.

      Hapus
    2. Download TIX ID gan, ada promo buy 1 get 1 free. Setiap hari rabu.

      Hapus
  27. gan saya sudah daftar digibak dan sudah dapat kartu debitnya, pas saya coba tambahin kartu saya di fb ads malah muncul pesan "This card was declined. Please use a different card and try again, or contact your bank for assistance." itu kenapa yah ?
    padahal saya coba di playstore lancar aja kartu saya bisa dipakai
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah di aktifasi belum mas kartu debetnya?

      Hapus
  28. Pengen gunakan transfer Paypal gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. sambungin dulu kartu debitnya Digibank dg akun paypalnya
      terus nanti dari paypal langsung aja transfer dolar ke akun paypak yg lain, otomatis paypal akan mendebet dari kartu debitnya.

      Hapus
  29. hape apa saja yang ngga bisa jalanin aplikasi digibank selain xiamoi

    BalasHapus
  30. Halo DBS,
    Saya terpaksa menghubungi lewat FB bank DBS karena saya sudah terlalu putus asa untuk menghubungi lewat telepon, email, live chat.
    masalah saya adalah kartu debit pengganti untuk saya sudah berbulan-bulan tidak dikirim atau tidak sampai ke tangan saya.
    Sebagai pelengkap keterangan saya :
    Nama Erwin Anthony R.
    No Rek DBS : 1702299802
    No Kiriman kartu : 000000368125
    Sudah berkali-kali saya minta kartu pengganti, terakhir lapor pada tanggal 30 April 2019.
    Status di aplikasi:
    1 Mei pembuatan kartu debit
    3 Mei Kartu siap di antar.
    Yang saya tanyakan adalah tanggal 1 mei tahun berapa kartu debit akan di buat? dan tanggal 3 Mei tahun berapa kartu siap di antar. Nanti sampainya di tempat saya tahun berapa?
    semoga saja tidak menunggu hingga pergantian millenium baru sampai.

    Di perhatikan atau tidak di diperhatikan oleh admin DBS, saya tidak perduli. Cuma nama baik dan kepercayaan nasabah DBS yang harus di perhatikan.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini