Cara Mengatasi Motor Matic Injeksi Yang Mogok

Belum genap satu tahun keluarga kami membeli motor matic Yamaha Mio Soul GT white tapi kemarin sudah mengalami masalah. Mungkin karna yang pakai adik saya yang kebetulan cewek, jadi motor kurang terawat.

Sepulang dari kuliah adik saya menggerutu karna harus mendorong motor cukup jauh dari jalan ke rumah. Saat saya tanya mengapa, katanya motornya tiba-tiba mati mendadak di jalan. What? Ini motor baru lho, kok sudah kena masalah kayak gini?


Cara Mengatasi Motor Matic Injeksi Yang Mogok

Saya yang sok tau mulai memeriksa, kira-kira apa yang salah. Periksa bensin, ternyata full. Apa businya bermasalah? Tapi ketika diperiksa, busi baik-baik saja. Masih mengeluarkan api, namun agak kebiruan warnanya. Karna kurang yakin dengan kondisi busi, alhasil saya membeli busi baru dan saya pasangkan ke motor. Namun ternyata motor tidak hidup juga.


Hari sudah semakin sore, problem belum solved juga bray. Saya mulai googling, mencari jawaban, mungkin ada bikers yang mengalami hal yang sama dengan motor matic injeksinya. Kebanyakan info yang saya dapatkan mengatakan kalau ada masalah dalam sistem kelistrikannya a.k.a mungkin akinya soak.

Ini Yang Terjadi Jika Aki Supra X 125 Soak

Karna nyawa awal dari motor injeksi adalah electrical system atau sistem kelistrikan yang bertugas memompa BBM ketika kunci kontak diputar dalam posisi "on", dan ada yang mengatakan kalau motor matic injeksi akan mati sendiri jika akinya soak.

Jadi saya mulai memeriksa sistem kelistrikan si soul ini, tapi sistem kelistrikannya baik-baik saja. Electrical starter masih berfungsi dengan normal dengan indikator bunyi starter yang tetap nyaring sama seperti bunyi starter ketika motor di starter dalam keadaan normal, namun sayangnya mesin tetap tidak bisa hidup.

Lalu dalam keadaan putus asa, saya mencoba satu trick lagi nih echopers. Kunci kontak saya putar dalam posisi "off", kemudian motor saya coba hidupkan dengan menginjak kick starter berkali-kali (minimal 4 sampai 5 kali). Lalu putar kunci kontak ke posisi "on" dan dengan harap-harap cemas saya mulai menekan tombol electrical starter. Taraaa.... motor hidup bray. 
Ternyata memang tidak ada masalah dengan kelistrikannya. Hal ini dikuatkan karna aki tetap berkerja dengan normal sejak kejadian mogok itu, kira-kira rentang waktunya sejak kejadian motor mogok itu sekitar 2 bulan lah.

Jadi, menurut analisis saya, motor matic injeksi yang tiba-tiba mati mendadak itu ternyata bukan hanya karna ada masalah dalam sistem kelistrikannya, tapi juga karna kualitas BBM yang diminum kurang bagus jadi bisa membuat spuyer injeksi (injector) tersumbat dan motor jadi keselek lalu mati mendadak.

Lalu mengapa setelah mogok motor sulit dihidupkan? Mungkin karna proses penghidupan berkali-kali namun mesin tidak hidup juga sehingga mengakibatkan ruang bakar menjadi banjir BBM karna BBM tidak segera terbakar.

Kelengkapan Saat Pembelian Honda Verza

Nah dengan menginjak kick starter dalam posisi kontak "off" itu akan membuat ruang bakar kembali normal sehingga saat di tekan tombol kick starter motor bisa hidup kembali. Eh trik ini juga bisa digunakan pada semua motor jika motor sulit dihidupkan saat posisi mesin dalam keadaan dingin.

Oke, itulah tadi cara mengatasi motor matic injeksi yang mati mendadak atau mogok. Semoga bermanfaat ya. Kalau ada analisis yang salah atau ada yang ingin menambahkan silahkan disampaikan lewat kolom komentar, itu akan lebih memperlengkap isi artikel ini dan tentunya bisa lebih membantu sesama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini