Cara Memanasi Motor Yang Baik dan Benar
Sebelum berkendara ada beberapa hal yang mesti kita lakukan, di
antaranya mempersiapkan kendaraan, baik itu motor atau mobil. Lalu
bagaimana cara memanasi kendaraan yang baik dan benar? Kali ini kita
akan bahas, namun khusus untuk motor saja ya. Tapi jangan salah, prinsip
kerjanya tetap sama kok.
Penggunaan Electrick Starter dan Kick Starter
Saat
pagi hari, saat mesin dalam keadaan dingin kita harus melakukan
pemanasan atau warming up terlebih dulu pada motor. Jika motor kalian
sudah dilengkapi dengan electrick starter, kebanyakan motor saat ini
sudah memilikinya. Maka tinggal putar kunci kontak dalam keadaan "on"
lalu tekan tombol starter. Namun ada juga yang menyarankan jika mesin
dalam keadaan benar-benar dingin ada baiknya menghidupkan motor harus
menggunakan kick starter atau engkol agar aki tidak mudah soak.
Jika dalam tiga kali starter dengan electrick starter mesin tidak mau menyala juga, maka kalian harus menghidupkan motor kalian dengan kick starter, karna jika kalian tetap memaksa menghidupkan motor dengan electrick starter, saya pastikan aki motor kalian tidak akan bertahan lama.
Sistem Pembakaran Karburator dan Injeksi
Lalu bagaimana memanasi motor dengan sistem pembakaran yang berbeda?
Seperti karburator dan injeksi. Pada sistem karburator, biasanya mesin
masih dilengkapi dengan tuas choke untuk mempermudah penyalaan mesin dalam keadaan dingin. Nah, kita tinggal tarik tuas choke lalu hidupkan motor.
Untuk motor dengan sistem pembakaran karburator ada baiknya mesin
dipanasi kurang lebih satu setengah menit, paling lama tiga menit, atau
bisa juga lamanya disesuaikan dengan indikator tarikan gas. Jika saat
gas ditarik ternyata mesin menyendat-nyendat itu berarti mesin belum
cukup panas dan belum siap jalan.
Saran saya, jika mesin belum cukup panas jangan melakukan akselerasi,
karna akan memperpendek usia mesin. Namun jangan pula memanasi motor
terlalu lama karna bisa menyebabkan pemborosan BBM.
Ini Yang Terjadi Jika Aki Honda Supra X 125 Soak
Ini Yang Terjadi Jika Aki Honda Supra X 125 Soak
Nah, untuk sistem injeksi memanasi motor dalam keadaan dingin akan lebih
mudah. Sistem injeksi adalah teknologi yang sudah canggih namun sangat
bergantung dengan kelistrikan. Jika ada masalah dengan kelistrikan, maka
akan ada masalah pada pengapian yang otomatis membuat motor juga ikut
bermasalah.
Pada motor injeksi, saat pertama kali kita memutar kontak ke posisi "on"
maka sistem injeksi langsung mengatur semua komposisi bahan bakar dan
udara di ruang bakar. Jika mesin dingin maka komposisi bahan bakar dan
udara akan diperkaya agar mesin cepat menyala, begitupun sebaliknya dan
semuanya otomatis sistem injeksi yang mengatur dengan bantuan
sensor-sensor yang terdapat pada motor injeksi.
Maka dari itu motor injeksi kini sudah tidak dilengkapi lagi dengan tuas choke lagi,
karna sistem injeksi sudah sangat presisi dalam pengaturan suplai bahan
bakar. Untuk motor injeksi sebenarnya tidak butuh waktu lama untuk
memanasinya. Cukup satu menit saja maka motor sudah siap jalan.
Demikian, semoga berguna.
Komentar
Posting Komentar