Dari Palembang Ke Padang Naik Apa?

Sesuai dengan judulnya, saya akan sedikit share pengalaman melakukan perjalanan dari palembang ke padang atau pun sebaliknya dari padang ke palembang naik apa?

Sebenarnya bukan cuma palembang padang saja, tapi artikel yang akan saya share ini akan berguna jika sobat melakukan perjalanan dari palembang-sumatera selatan ke seluruh kota di sumatera barat.

Jadi beberapa hari yang lalu saya melakukan perjalanan dari palembang ke payakumbuh. Dari palembang sebenarnya ada dua bus pariwisata yang bisa kita tumpangi dan berangkat setiap hari, yaitu Yoanda Prima dan EPA Star.

Awalnya saya ingin naik Yoanda Prima, tapi karna lokasi pool utamanya yang di jalan Soekarno Hatta susah di jangkau dengan kendaraan umum, akhirnya saya memutuskan untuk naik bus EPA Star yang poolnya ada di pinggir jalan KM 11.

loket epa star bus palembang

Untuk harga tiketnya dari palembang ke padang atau bukit tinggi atau daerah padang lainnya relatif sama, yaitu Rp. 215.000/orang, karna kita naik bis yang sama. Itu kita udah dapet bus pariwisata yang AC, kursinya bisa di rebahin, dapet selimut, ada toiletnya, ada ruang ngerokoknya yaitu di depan bareng-bareng sama sopir, ada tv nya 2 tapi gak pernah dihidupin, plus dapet roti sama air mineral.

Sebenarnya waktu saya baca di websitenya EPA Star ada rute Palembang-Payakumbuh, tapi pas beli ternyata gak ada, adanya cuma Palembang sampe Bukit Tinggi.

Bus EPA Star ini berangkatnya jam 10 pagi setiap hari dari Palembang dan berangkatnya on-time banget, jadi jangan sampe kamu telat kalau gak mau ketinggalan bus. Usahakan sarapan dulu atau bawa makanan, karna kita akan stop istirahat makan ketika sampai perbatasan jambi, dan itu sekitar jam 4 sorean. Setelah itu sampai ke padang jalanan akan banyak sekali kelokan, jadi kalo kamu mau pipis, usahakan pas bus lagi ngelewati jalan lurus agar gak susah pipisnya. Haha

Bagusnya, waktu sholat magrib bus juga akan berhenti di masjid yang biasa di singgahi, jadi kamu bisa sholat magrib dulu.

Setelah melanjutkan perjalanan, nanti bus akan berhenti lagi di Gunung Medan sekitar jam 12 malam. Kamu bisa sholat isya setelahnya kamu bisa makan pop mie anget, karna di sini kalo tidak terbiasa dinginnya lumayan.

Lalu bus kembali melanjutkan perjalanan, dan akan stop kembali waktu azan shubuh di Padang Panjang. Penumpang yang arah Padang biasanya akan di oper ke bus EPA Star yang lain, tapi saya yang ke Bukit Tinggi masih melanjutkan perjalanan dengan bus yang sama.

Pada jam 6 pagi bus stop di pemberhentian terakhir yaitu terminal Aur Kuning Bukit Tinggi. Dari terminal ini saya udah bisa lihat perbukitan yang tinggi tertutup awan, karna semalem gelap jadi baru kelihatan paginya. Hehe.

terminal aur kuning bukit tinggi

Dari terminal Aur Kuning nanti akan ada bus carteran yang menawarkan rute ke Payakumbuh. Berhubung saya ada keluarga di Payakumbuh, jadi saya cukup telpon saja lalu abang saya yang akan jemput ke Bukit Tinggi.

Jadi total perjalanan Palembang - Payakumbu sekitar 20 jam. Berangkat jam 10 pagi, sampainya jam 6 pagi esok harinya.

Untuk pulangnya dari Padang ke Palembang juga sama aja. Saya juga naik EPA Star. Loketnya di Bukit Tinggi ada dua kayaknya, satu yang di terminal dan satunya ada di pinggir jalan, tapi lupa namanya. Pokoknya deketan dengan toko yang jual Sanjai (keripik pedas asal padang).

Perjalanannya sama saja, tapi karna perjalanan dari Bukit Tinggi ke Palembangnya pagi, kita jadi bisa lihat betapa indahnya alam sumatera barat.

Itu tadi cerita singkat perjalanan saya dari Palembang ke Bukit Tinggi lalu ke Payakumbuh. Semoga bisa jadi manfaat bagi sobat semua.


Komentar

  1. Mau kepadang ni.
    Mau treveling kesana.

    BalasHapus
  2. Bro...klo mo ke Palembang naek dari Bkt. Tinggi by EPA star tu...paginya jam brp kahh?!

    BalasHapus
  3. Kalau dr palembang ke sungai rumbai brapa jam ya.. .??

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini