Cara Install Windows 7 Di Asus X455L [Sukses]


asus x455l

Beberapa minggu lalu saya menemui trouble yang lumayan sulit saat penginstalan windows 7 di laptop Asus X455L Series. Lumayan sulit karna saat saya mencari penyelesaiannya di mbah google, ternyata semua cara yang ada di sana tidak work. Tapi akhirnya saya bisa menemukan caranya sendiri yang akan saya ulas di blog ini.


Laptop Asus X455L Series ini sudah menggunakan BIOS UEFI dan hanya bisa di install windows 8. Begitulah yang diharapkan vendornya. Itulah sebabnya Laptop Asus X455L Series ini hanya menyediakan driver untuk windows 8 saja di box pembeliannya.

Tapi pasti ada caranya untuk bisa menginstall windows 7 di laptop Asus X455L Series ini. Saya coba langsung saja tancapkan bootable USB flashdisk windows 7 yang biasa saya pakai, restart, tekan F2, masuk BIOS dan memilih opsi boot override langsung dari USB flashdisk tersebut.

Proses pertama berjalan lancar, lalu sampai di proses masuk penginstallan di harddisk muncul pesan kesalahan seperti berikut:
A required CD/DVD drive device driver is missing. If you have a driver floopy disk, CD, DVD, or USB Flash Drive, please insert now.
Saya sudah coba cabut dan colokkan kembali flashdisknya dan booting ulang, ternyata masalahanya tidak solved.

cara install windows 7 di laptop asus x455l series

Saya pikir installernya rusak karna virus, lalu saya membuat bootable USB windows 7 baru dan saya coba install ulang, tapi masalahnya tetap tidak solved. Saya mulai browsing di mbah google, katanya format hardisknya  harus di rubah dari GPT ke MBR. Saya pun mengikuti caranya dan coba install kembali, ternyata masih saja mengalami masalah seperti itu. Sekarang hardisk saya malah terformat dan semua data terhapus termasuk windows 8 yang lama. Untung data-data penting sudah saya backup.

Kemudian saya juga sempat flashing BIOS Asus X455L ini pakai versi terbaru, tapi windows 7 tetap tidak bisa terinstall.

Saya sudah coba segala cara dari mbah google dan windows 7 tetap tidak bisa terinstall di Asus X455L Series ini. Saya putus asa, akhirnya saya download installer windows 8, ya kira-kira 4,5GB lah. Mau bagaimana lagi, sekarang windows 8 yang lama sudah terhapus, sedangkan windows 7 nya tidak bisa terinstall. Saya juga tidak punya installer windows 8.

Untungnya koneksi dari modem MIFI Smartfren Andromax M2Y lumayan kenceng. Ya udah saya putuskan untuk download installer windows 8. Saya tunggu sampai 2 jam proses download belum juga selesai. Karna bete saya coba kutak-katik lagi pengaturan di BIOS Asus X455L ini. Eh.. Setelah itu secara ajaib windows 7 bisa terintall di Asus X455L ini. Haha

install windows 7 asus x455l work

Berikut setingan BIOS Asus X455L yang saya rubah. Oh ya versi BIOS yang dipakai adalah 2.17.1246.

Masuk ke tab "Security", lalu pilih "Secure Boot Menu"

cara install windows 7 asus x455l work

Lalu Disable "Secure Boot Control".

install windows 7 asus x455l

Masuk ke Tab "Boot" dan Enable "Launch CSM"

install windows  asus x455l

Terakhir masuk ke Tab "Advanced" dan pilih "USB Configuration"

install windows  asus x455l

Ubah setingan di sana menjadi sebagai berikut:

Legacy USB Support = Auto
XHCI Pre-Boot Mode = Smart Auto
USB Mass Storage Driver Support = Enable

install windows  asus x455l

Setelah semua langkah selesai. Silahkan coba install kembali windows 7 nya, Saya sendiri telah sukses menginstall windows 7 di laptop Asus X455L ini. Memang ada beberapa driver yang tidak support, meskipun saya sudah menggunakan driver pack "Easy Driver" yang biasa saya pakai. Tapi so far tidak ada permasalahan yang terjadi di laptop seperti tidak detect USB ataupun tidak detect WIFI contohnya.

Setelah browsing saya mencoba download Driver Pack Solution 15.5, tapi saya belum sempat install lagi karna proses download sampai sekarang belum selesai. Haha. Lah wong sizenya aja 9,72GB. Paling tidak dengan koneksi yang biasa saja butuh 2 sampai 3 hari proses download baru kelar dah. Itu pun harus pakai torent biar proses download bisa diteruskan setiap hari.


Kalau kamu pengen download bisa langsung menuju link di bawah:

Komentar

  1. terimakasih agan atas infonya, you're the real MVP :D

    BalasHapus
  2. Makasih kang sharingnya, sudah lama sy cari cara tapi masih gagal, sy akan coba cara ini.. :)

    BalasHapus
  3. gan download bios 2.17.1246 dimana ya ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek di sini gan https://www.asus.com/support/Download/3/557/0/2/BfnJpFOINWJ0zTH3/41/

      coba satu-satu yang support dengan laptop agan.

      Hapus
  4. mantaf ilmu nya.
    muanjurrr......saya kehilangan cara.
    untung ketemu blog om eko.....
    terima kasih,sukses selalu om...

    BalasHapus
  5. Mantap....
    Akhirnya bs jg pake cara ini.
    Mkasih gan

    BalasHapus
  6. Terimakasih banyak gan, sangat membantu sekali, x lagi tanks

    BalasHapus
  7. bagaimana cara mengubah bios laptop? saya coba pake "winflash" tapi tidak bisa diinstall pada win8, saya coba lewat bios pake "start easy flash" tapi katanya kyak gini "please plug in AC!!, saya sudah colokkan FD tapi masih.. mohon solusinya.. asus e202s?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pluggin AC itu maksudnya colokin casannya gan. :)
      Memang saat penginstalan harus selalu colokin casan laptop agan, hal ini untuk antisipasi laptop mati karna kehabisan daya dan penginstalan gagal.

      Hapus
  8. saya koq tetap ga bs Gan..., pada saat sehabis restart pada pertengahan proses penginstalan, malah keluar
    Windows Setup [EMS Enable]

    BalasHapus
  9. cara install windows 7 di laptop asus E202SA ada yang tau gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikut ini Gan .. Belum adasolusi nihhh .. Mohon bantuannya ..

      Hapus
  10. siip informasinya, baru mau coba nih...

    BalasHapus
  11. mantafff gan infonya thanks a lot...
    gag jdi ane banting ini laptop...hahaha

    BalasHapus
  12. jos gandos gan sukes selalu blognya

    BalasHapus
  13. gan help gan, setelah ane sukses install win 7 nya tapi keyboardnya ga berfungsi sama sekali pas masuk bios keyboarnya berfungsi....gimana ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masuk ke device manager gan, coba update driver keyboardnya.

      Hapus
    2. gimana cara nulis user name kalo keybirdnya gk fungsi

      Hapus
  14. gan mw tanya saat startup kenapa selalu muncul pilihan boot device ya gan?

    BalasHapus
  15. sa bru mw instal laptop pke win 7.terus setelah selesai distel di bios, sementara intal pertahap tiba muncul tulisan tidak bisa intal windows ini di hardisck manapun di dlm laptop. mohon info

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin format hardisknya perlu di rubah dulu gan dari GPT ke MBR. Tapi jika mau ngeformat, tolong backup data dulu karna resiko terjadi kegagalan mungkin ada. Lakukan dg resiko ditanggung kamu sendiri ya gan. Jgn salahkan saya jika terjadi kegagalan karna sya hanya sharing sja.

      Hapus
  16. Maaf agan. Bs mbantu sudah trinstall ein 7 64 bit tp tdk bs di aktifasi/crack.. Muncul not supported volume/disk. Trimakasih

    BalasHapus
  17. Wah..Jago nih infonya...langsung bisa instal ulang win 7 Saya..Terimakasih Ya.

    BalasHapus
  18. Gan saya juga mau coba install tapi data yg ada di drive D tidak mau terhapusa, apa masih bisa dengan cara yg agan berikan.. tutorial di atasa apakah bisa mengahpus data yg ada di drive D..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mau inul, gk perlu format disk D kok,
      kalo mau format nanti aja pas udh slsai install nya,
      nb:kalo emg gk bisa format saat inul

      Hapus
  19. gan, saya udh coba trik agan, tp selalu terjadi error saat proses installasi(sering pada saat getting giles ready for installation), saya ingin menginstall windows 7 ultimate 64bit.
    kalo itu gmn solusinya gan?

    BalasHapus
  20. saya coba praktekkan di laptop x550 saya, semoga berhasil, suwun mas

    BalasHapus
  21. Thank's gan titorial nya sukses

    BalasHapus
  22. Kok saya lama yah gan saat proses expanding windows filenya ? Padahal saya sudah tunggu 2 jam tetap 0% saja mohon peneranganya suhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya bukan suhu gan.
      nginstallnya pake CD apa flashdisk gan?

      Hapus
  23. gagal instal asus x454y menggunakan FD

    BalasHapus
  24. Gan kalau Asus yg series X541N nya apa sama settingan biosnya utk install windows 7 X86..?

    BalasHapus
  25. Apa cari ini Bisa di gunakan di Asus X455LAB juga .. Asus X455LAB juga sama dengan X 455L kan gan?
    maaf saya masih pemula

    BalasHapus
  26. Gan kalok mau di install windows 10 bisa gak ya..? Soalnya aku udah pernah install tpi gagal trus gan
    Mohon pencerahanya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. format hardisknya di rubah dulu dari GPT ke MBR

      Hapus
  27. Mantap infonya, thanks udah ngebantu...Trus driver yang belum terinstalnya bisa dinstal di windows 7...

    BalasHapus
  28. Apakah ini bisa sukses pada merk laptop axus X441S?

    BalasHapus
  29. Woww ...akhirnya,, makasih gan..
    It works,, udh hampir di bawa ke tukang servis krn udh cpek browsing....

    BalasHapus
  30. Mantaaaaap
    terima kasih bos
    sangat bermanfaat

    BalasHapus
  31. Di seri asus x454y kok gk work ya min, gk kedetek hardisknya malah min, tp kalo di ksh bootable win 8 baru normal, pdhl enakan win 7 min

    BalasHapus
    Balasan
    1. ganti aja windows 10 gan. Lebih ringan dan lebih banyak supportnya.

      Hapus
  32. Instal windows 7 asus x441sa. Setting bios mulai dari usb, legacy sampai boot priority sudah. Bikin fdd bootable uefi udah. Tapi pass instal kursor tidak muncul tp keyboard jalan. Lebih disayangkan lagi pada "select driver to the installer" hdd nya tidak muncul. Mohon pencerahannya

    BalasHapus
  33. Instal windows 7 asus x441sa.termasuk download driver sata ahci controler tetep ta bisa

    BalasHapus
  34. Mantap mas, 100% langsung berhasil. Biasanya instal windows dgn flashdisk ga pernah ada kendala, nah ini asus x455l bandel bener ampe bikin ane puyeng, tp akhirnya ada solusi disini. Makasih banyak loh ya mas...

    BalasHapus
  35. min drivernya banyak yang gak jalan gmn solusi min

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai driverpack solution gan. Linknya ada di akhir artikel paling bawah.

      Hapus
  36. di Asus 441s ga ada XHCI Pre-Boot Mode ya gan?

    BalasHapus
  37. terimakasih, cukup membantu artikelnya

    BalasHapus
  38. mau instal win7 juga, tpi driver utk x454Y cuma support win8 dan 10. hadehhh

    BalasHapus
  39. Jika sebelumnya sdh terinstall windows 8 terus telah terpartisi 3, yaitu c,d,e. Apakah nanti ketika downgrade menjadi windows 7 apakah tidak bermasalah, mohon pencerahannya, dikarenakan spesifikasi orogram dikantor hanya bisa menggunakan windows 7, saya takut file saya yg di d sama e jadi hilang semua, mohon sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal nginstallnya tetap di C dan gak bikin partisi baru, data tidak akan di D dan E tidak akan hilang Pak

      Hapus
  40. gan..minta drive wifi sama.vga nya aja

    BalasHapus
  41. joss gandos............................mantap gan

    BalasHapus
  42. saya pengguna baru laptop, mau instal ulang cerita nya gara gara laptop lemot, baground ngblank hitam, d kiri bawah ada tulisan windows 7 build 7601. kata google sih itu fiks musti di instal ulang. apa yang musti di siapkan buat instal ulang pake USB yah? saya pake laptop ASUS X455L udah pake windows 7.

    BalasHapus
  43. Wahhh Manjur Juragan, terima kasih banyak
    Sangat membantu sekali

    BalasHapus
  44. Bisa install win7 lewat flasdisk sebelumnya flashdisk di install pilih win7 ori di EZ Flash. Selesai.
    Baru tuh flashdisk tinggal colok sdh otomatis biosnya. Work 100%

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini