Review TV Tuner Untuk Laptop Gadmei TV380

Jika kamu sampai di halaman artikel ini berarti kamu sedang mencari informasi rekomendasi tentang tv tuner untuk laptop entah itu yang bagus, yang murah, atau yang fiturnya lengkap. Nah kali ini saya akan mereview USB TV Stick merek Gadmei yang memiliki model atau seri TV380 yaitu salah satu pilihan tv tuner yang bisa digunakan untuk laptop.

gadmei usb tv stick tv380
kemasan tv tuner merek gadmei

Niat saya membeli usb tv stick ini adalah untuk hiburan sambil kerja di kamar, biar gak bosen dan biar gak rebutan sama keluarga. Selain itu karna adanya fitur recordingnya, jadi saya bisa merekam acara tv yang saya suka untuk di tonton nanti ketika memiliki waktu luang. Sebelumnya saya membawa laptop saya ke depan tv untuk berkerja sambil menonton tv, tapi sekarang tidak lagi, karna saya bisa menonton tv langsung sambil berkerja dari laptop dan dari layar yang sama.

Harga USB TV Stick Gadmei TV380
Kita mulai saja dari harganya ya, saya beli tv tuner untuk laptop usb tv stick gadmei tv380 ini dengan harga Rp. 215ribu pada bulan november 2014.

Kelengkapan USB TV Stick Gadmei TV380
Lalu kelengkapan yang ada di dalam box nya antara lain USB TV Stick, kabel usb perpanjangan ukuran seperempat meter, remote tv, antena, kabel RCA untuk input media dari DVD player, dan semacamnya untuk di tampilkan di software bawaan lewat laptop, dan juga driver yang berisi software bawaan untuk menonton tv.

tv tuner untuk laptop
kelengkapan tv tuner merek gadmei


Fitur atau Kelebihan USB TV Stick Gadmei TV380
TV tuner ini tidak hanya bisa untuk menonton tv, tapi juga dilengkapi dengan radio. Selain itu dengan software bawaan yang termasuk ke dalam paket pembelian kita juga bisa merekam acara tv ataupun merekam musik dari radio dengan jadwal perekaman yang bisa dijadwalkan.

cara nonton tv dari laptop
interface software bawaan

tv tuner untuk laptop yang bisa merekam dan ada radionya
interface radio

cara merekam acara tv
interface menu setting

Dengan adanya usb perpanjangan (usb extended) membuat kita bisa tetap menggunakan lobang atau port usb lainnya yang terletak berdampingan dengan port usb tempat kita mencolokkan tv tuner tadi. Mengingat ukuran usb stick tv tuner ini lebih besar dari flashdisk ini akan membuat port usb yang terletak berdampingan dengan port usb yang kita pakai jadi tidak bisa digunakan karna terganjal oleh badan usb tv stick ini jika tidak menggunakan kabel perpanjangan. 

usb perpanjangan extended
port usb bisa digunakan meski berdampingan karna menggunakan usb perpanjangan

Persamaan socket antena bawaan dengan antena tv yang biasanya kita pakai membuat kita mudah untuk mengganti antena dengan antena tv biasa jika dengan antena bawaan kurang kuat untuk menangkap signal tv. Nah kabel RCA yang tadi digunakan jika kamu memutar film dari dvd player kamu dapat sambungkan dengan kabel RCA ini dari dvd player lalu tampilannya di tampilkan ke layar laptop dengan aplikasi atau software bawaan yang telah tersedia di dalam paket pembelian.

Yang saya suka ukuran layarnya bisa di kecilkan dan dibesarkan sesuai dengan keinginan kita. Kita juga bisa nonton secara fullscreen ataupun widescreen. Selain itu kita juga bisa atur supaya layar tv kita di software pemutar tv selalu berada di atas. Sehingga ketika kita membuka aplikasi lain, layar tv tidak tertutup oleh tampilan layar dari aplikasi itu karna sudah kita set always on top.

Harga TV Tuner USB Gadmei UTV380
fitur always on top

Kekurangan USB TV Stick Gadmei TV380
Udah bahas kelebihan, tapi gak adil kalau kekurangannya juga tidak kita bahas. Kekurangan yang pertama adalah kekuatan penangkapan signal yang lemah. Entah mungkin karna antenanya yang bermasalah atau kurang kuat nangkep signal tv karna ukuran perangkatnya yang lebih kecil dari tv yang seharusnya. Saya sudah pake dua antena, satu antena bawaan dan kedua antena yang khusus untuk tv yang biasanya diletakkin di atap rumah, tapi nangkep signalnya masih lemah yang berdampak pada layar tv yang banyak semutnya atau bergaris-garis, tidak bersih. Saya akan perbaikin antenanya, doain saja layarnya jadi jernih dan seluruh siaran stasiun tv bisa ditangkap.

Cara Nonton TV di Komputer atau Laptop Tanpa Koneksi Internet
udah diletakkin di atas+pake 2 antena masih kurang kuat nangkap signal

Kualitas gambar yang buruk. Mungkin karna kurang kuat nangkep signal jadi berpengaruh juga di kualitas gambar. Tapi selain itu jika kita terlalu lama menghidupkan tv tuner ini ataupun sering berpindah-pindah dari menu tv ke menu radio, biasanya layar tv akan kehilangan warna, layar di software pemutar tv ya, bukan keseluruhan layar di laptop. Jadi tayangan tv akan berubah menjadi hitam putih meskipun sebenarnya tv tuner ini sudah berwarna. Selain itu ada garis hitam tak rata di tepi layar di software untuk menonton tv nya dan juga ada garis putus-putus di bagian atas. Saya kurang tau mengapa, bisa jadi karna softwarenya yang kurang bagus atau malah jadi hardwarenya atau tv nya yang memang gak bagus.

software untuk nonton tv di laptop dan komputer
ada garis hitam di samping dan juga garis putus-putus di bagian atas

Kesimpulan dari Review USB TV Stick Gadmei TV380
Menurut saya yang penggemar nonton tv bisa di bilang kualitas dari tv tuner untuk laptop ini masih rendah. Tapi sejauh ini lumayan sebagai teman saya mengisi kebosanan sambil nulis untuk ngeblog. Jadi kerjaan jalan nonton tv juga jalan. Mengenai apakah tv tuner ini aman untuk laptop? Saya rasa aman-aman saja. Ya palingan dampaknya sama saja seperti kalau kita sering menghidupkan laptop dalam waktu lama pasti batrenya cepat habis. Selain itu saya rasa tidak ada yang perlu dikhawatirkan

Kata kunci penelusuran:
Cara Memasang TV Tuner
Harga TV Tuner USB Gadmei UTV380 Terbaik untuk Laptop
TV Tuner Untuk Laptop dan PC (Komputer)
Cara Nonton TV di Komputer atau Laptop Tanpa Koneksi Internet
Nonton TV menggunakan Laptop dengan USB TV Tuner
dampak TV tuner bagi laptop
tv tuner bisa merusak laptop?
Apakah TV Tuner USB Aman untuk Laptop?
TV Tuner USB
tv tuner usb gadmei 380 untuk leptop
TV Tuner Eksternal (USB) Gadmei untuk Laptop

Komentar

Postingan populer dari blog ini